Manajemen Utang

March 9, 2012 at 10:39 pm | Posted in TOMoGrafi | 1 Comment

~Kalau Anda fanatik beli asset dengan cash, abaikan tulisan ini~

Jumat minggu lalu, saya bersama Ibunya Afa ke BCA depan Bethesda jalan Solo sehabis Jumatan. Kami berdua menandatangani refinancing mobil kami yang sudah lunas, untuk mendapatkan dana cash. Tanpa melalui proses berbelit, Senin kemarin dananya cair, dengan suku bunga sekitar 10,5% efektif atau 5,9% flat dengan masa angsuran 4 tahun. Cicilan perbulan 2,65 jt/ bulan, dengan nilai pinjaman 104 jt.

Tadi siang, pas jam makan siang, saya ke bank mandiri, untuk melunasi pinjaman mitra karya mandiri, yang merupakan salah satu bentuk KTA. Saya menggunakan hasil refinancing mobil dan uang bonus untuk melunasi pinjaman yang dulu digunakan membeli tanah. Bunga KTA relatif tinggi, sekitar 18,25% efektif. KTA waktu itu menjadi pilihan rasional karena prosesnya cepat dan mudah, dan setelah kuitung-itung masih lebih rendah bunganya dibandingkan kenaikan harga tanah yang kubeli. (Dulu tanah kubeli dengan harga 120 ribu/ meter. Dan 2,5 tahun kemudian menjadi 300 ribu/ meter).

Gagasan refinancing ini, muncul setelah saya berdiskusi dengan mBak Desi Aida Sari, member milis ini juga mengenai besaran bunga kkb dan KTA, yang selisihnya cukup signifikan. Setelah saya timbang-timbang, keuntungan refinancing mobil untuk menutup hutang KTA a.l;
1. Ada selisih bunga yang cukup significant, yaitu 18,25% dan 10,5%
2. Jangka waktu KKB BCA yang lebih lama sehingga besar cicilan lebih kecil dari KTA.
3. Selisih antara cicilan KtA mandiri dan KKB Bca bisa digunakan untuk menambah tabungan, atau kredit lainnya misalnya KPR.
4. Dengan melunasi KTA, tanah yang saya beli menjadi aset bersih, yang nilainya sudah naik cukup signnificant dari harga belinya. Sedangkan mobil yang masih direfinancing, itung-itung membayar sewa pakai.

Setelah hampir 4 tahun berkecimpung dalam dunia perutangan, saya bisa merasakan dapat memiliki barang-barang yang relatif agak susah kalau dibeli cash. Dan kadang, bunga pinjaman yang reltif tinggi harus diambil untuk mendapat barang yang tidak tersedia setiap saat. Cuman, ketika keuangan sudah agak longgar diperlukan itung2an baru untuk merestrukturisasi hutang2 kita.

Salam penghutang,
Duri 8 Maret 2012

1 Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Untuk mendapat kan aset seperti itu gak perlu bayar cash to!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: