Memburu buku bekas di dunia maya

February 12, 2012 at 11:20 am | Posted in TOMoGrafi | 10 Comments

Memburu buku bekas di dunia maya

 

Minggu lalu, saya tiba-tiba keranjingan lagi mencari buku di internet, padahal budget beli bukuku sudah terlampaui setelah membeli buku biografinya Pak Tahija dan Steve Jobs. Target bukuku masih sama, arus baliknya Pram yang sudah menjadi wish list-ku akhir-akhir ini. Dan, sudah bisa ditebak, ppencarianku gagal total. Beberapa toko buku online suddah kuaduk-aduk, juga komunitas pembaca buku ataupun forum jual beli. Nihil. Buku arus balik seolah hilang ditelan malam.

Namun, tidak seperti biasanya, saya menngalihkan pencarian ke buku-buku lain yang bisa menambah koleksi bukuku. Pertama yang kudapat, Nyanyi Sunyi Seorang Bisu-nya Pram. Saya pernah membaca buku ini pertengahan 90-an, dan cukup terkesan dengan isinya, sayang dulu hanya meminjam. Buku ini juga diterbitkan dalam edisi Inggris dengan judul The Mute Soliloquy. Saya dapat bukunya dari pedagang buku bekas di Jogja untuk edisi Lentera 1995.

Buku kedua, yang saya beli adalah Dibawah Bendera Revolusi, tulisan Bung Karno. Saya belum pernah membaca buku2ini, hanya pernah melihatnya booming ketika Megawati menjadi presiden RI, bahkan tahun2 itu harganya bisa jutaan atau puluhan juta. Saya mendapatkan cetakan tahun 1965 untuk kedua jilid buku. Lumayan untuk menambah koleksi dan membaca sejarah bangsa ini dari sudut pandang pemimpinnya.

Buku ketiga yang minggu lalu kubeli, Secangkir Kopi Max Haveelar, yang konon menceritakan kebangkitan LSM-LSM. Saya sebenarnya tidak begitu tertarik dengan buku ini, tetapi karena Pak Dhenya Afa sudah 5 tahun mencari, ya saya beli juga, toh hargany relatif tidak mahal. Siapa tahu kalau nanti pulang ke Jogja akan kuberikan. Saya mendapat buku ini, di amartapura yang dimiliki oleh Mas Martinus Rachmad yang juga member groups facebook KV, tempat saya membeli salah satu wishlist saya Patria Es Humanidad (Dan Tanah Airku adalah Kemanusiaan).

Tidak cukup dengan ketiga buku tadi, semalam saya melakukan transaksi lagi untuk buku-buku lama. Yang pertama The Mountain Flora of Java, terbitan tahun 1972. Buku ini menceritakan tentang tanaman-tanaman berbunga yang ada di gunung-gunung di Jawa. Buku ini sekedar untuk nostalgia perjalanan-perjalananku di masa lalu. Saya sempat melihat edisi keduanya di amazon yang di bandrol 250-an dollar, dan saya mendapat edisi pertamanya dengan harga jauh lebih murah. Saya juga ditawari buku ini yang edisi bahasa Indonesia, tapi belum kubeli, mungkin adik-adik Matalabiogama membutuhkan edisi ini.

Buku kedua yang saya beli, The Crust of The Earth – Introduction Geology saya beli yang edisi pertama tahun 1955. Dan yang terakhir, Doctor Zhivagonya Boris Pasternak, edisi pertama 1957. Kedua buku ini saya belum pernah baca, hanya feeling untuk membeli cetakan pertama dari buku yang saya inginkan.

O, iya, ternyata tadi pagi ada konfirmasi, kalau The Mute Soliloquy-nya Pram yang edisi bahasa Inggris juga masih tersedia, sekalian deh saya beli, untuk nambah koleksi buku bahasa Inggris. Siapa tahu, dengan sering-sering membaca bahasa Inggris kemampuan bahasaku meningkat.

Saya, sudah beberapa kali membeli buku melalui internet. Biasanya buku baru, dan beberapa kali buku bekas. Modus yang saya pakai dalam mencari buku kira-kira sebagai berikut:
1. Mencari buku yang diinginkan melalui google
2. Setelah menemukan buku yang dicari, saya menguhungi pemilik toko buku online.
3. Membayar biaya buku dan ongkos kirim
4. Menunggu bukunya datang.
Belanja buku online ini, sangat membantu saya mendapatkan buku-buku bagus, karena saya tidak perlu datang ke toko buku dan bisa membeli kapanpun (asal uang dan bukunya ada :D).

Apakah Anda pernah mencari buku bekas di dunia maya? Atau malah membeli buku-buku baru?

Salam buku bekas
Duri, 11 Februari 2012

10 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Menarik sekali tulisan anda, kebetulan saya adalah pecinta buku sekaligus bakul buku bekas , siapa tahu buku yang anda butuhkan saya bisa mencarikan, salam dari saya omPutut….

  2. oya…saya malah sudah merasakan manisnya jual beli buku bekas, meskipun bekas namun ternyata keuntungannya tak bisa dianggap bekas, bahkan menurut saya bisa melebihi jualan buku baru. Apalagi kalau jualnya lewat internet, wooowww…..

    • Gimana cara jual nya mas? saya mau jual juga karena bagasi saya mungkin berat banget kalo saya bawa buku2 ke indonesia

      • silahkan sms ke 085729321312 mas….

  3. gimana kalau saya menjual? tertarik membeli?😀

    • kalau cocok kenapa menolak ?
      kalau ada ini mas , 1.The Accelerated Learning Handbook
      2. Buku -buku bahasa / tulisan Rusia

      Terimakasih, harap sms ke 085 729 321 312

      • maaf , maksudku ada tidak 2 buku tadi?

    • tergantung bukunya ….

  4. kalau mau membeli bagaimana cara nya?

  5. Great article! We are linking to this particularly great content on our website.

    Keep up the great writing.


Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

