Ketika http://kulineronline.com menjadi Referensi Kuliner di Jogja

January 29, 2012 at 12:38 pm | Posted in TOMoGrafi | 1 Comment

Ketika http://kulineronline.com menjadi Referensi Kuliner di Jogja

 Setahun terakhir, saya kurang aktif menambah tulisan di blog http://kulineronline.com. Entah mengapa, semenjak krisis Merapi, eager saya untuk menulis cerita tentang makanan di warung yang singgahi berkurang drastis. Seandainya pun nambah postingan, kebanyakan hanya foto tanpa narasi seperti tulisan-tulisan sebelumnya. Perkecualian hanay pada beberapa tempat makan di Houston dan Dubai yang saya singgahi ketika sedang training di Houston, maklum baru pertama kali ke luar negeri🙂 .

Tetapi, tidak kuduga ternyata jumlah pengunjung dalam setahun semenjak 26 Januari 2011 sampai dengan 26 Januari 2012 mencapai jumlah yang significant untuk sebuah blog personal yang dikelola ala kadarnya. Seperti terlihat di gambar di bawah ini, jumlah pengunjung dalam setahun mencapai 72 ribu orang, atau rata-rata 6 ribu orang per bulan. Dalam arti lain, ada 200 orang pengunjung dalam sehari yang mengunjungi blog saya.

Persebaran geografis pengunjung http://kulineronline.com

Berdasarkan peta di atas, persebaran pengunjung http://wisatakulineronline.com mencapai seluruh benua yang ada di dunia,kecuali antartika dan arktik tentunya. Indonesia merupakan negara asal pengunjung blog yang paling banyak, kemudian disusul oleh Amerika Serikat dan Jepang. Negara-negara Eropa juga cukup terwakili jumlah pengunjung yang mengunjungi blog saya. Sedangkan dari sisi kota, Jakarta menduduki peringkat tertinggi yang diikuti oleh Jogja.

Sedangkan jumlah klik artikel setiap bulan, bervariasi dari 10-ribu sampai dengan 15 ribu kali perbulan, dengan perkecualian pada bulan agustus yang mencapai 22 ribu kali seperti terlihat pada gambar di bawah. Kalau dihitung rata-rata, dalam sehari blog saya in diklik orang antara 300-500 kali perhari, kecuali bulan agustus yang mencarpai 730-an perhari. Bulan agustus menjadi anomali mungkin karena di bulan puasa orang mencari referensi untuk buka puasa di luar bersama dengan keluarga atau koleganya.Rata-rata klik bulanan dalam setahun

Sedangkan tulisan yang paling populer di luar home page, tersaji di gambar berikut ini. Jejamuran menduduki peringkat tertinggi dengan 10.513 kali di klik dalam setahun. Jejamuran memang merupakan restoran favorit di Jogja dan tulisan saya menduduki peringkat atas di google kalau di klik dengan keyword jejamuran. Peringkat berikutnya diikuti oleh kuliner Jogja yang juga diklik lebuh dari 10 ribu kali dalam setahun. Sedangkan bebek goreng Slamet Kartosuro dan Mang Engking menduki peringkat berikutnya, berturut-turut dengan 6 ribu-an klik dan 4 ribuan klik.
Tulisan-tulisan laris dalam setahun

Kehadiran tulisan Kuliner Jogja pada peringkat atas tulisan yang di klik, relatif mengejutkan, karena tulisan ini hany berisi informasi warung-warung yang pernah saya kunjungi di Jogja beserta alamat dan link tulisannya. Ada sekitar 50-an warung yang pernah saya dokumentasikan di tulisan ini. Banyak pengunjung yang mengkli tulisan ini, bisa jadi merupakan indikasi bahwa tulsian ini menajdi referensi orang ketika akan berkunjung atau berkuliner di Jogja.

Setelah melihat perkembangan blog kuliner ini, pertanyaan yang kembali timbul, sebenarnya blog ini untuk apa? Apa untungnya bagi saya? Biasanya secara klise saya akan menjawab, untuk membantu mempopulerkan warung-warung yang saya kunjungi di dunia maya. Ning dengan banyaknya pengunjung yang membaca blog saya, bisa jadi blog ini sudah menjadi semacam referensi kuliner di beberapa kota, misalnya Jogja atau Pekanbaru. Dan ini menimbulkan konsekuensi logis buat saya untuk kembali menyajikan data-data yang up to date.

Bagaimana menurut Anda? Apakah http://kulineronline.com cukup representatif untuk referensi njajan?

Salam icip-icip…
Duri, 28 Januari 2012

1 Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. dilanjut mas Tom, la aku kalau mudik juga nyari2 referensi tempat makan di jogja je…. maklum 6 tahun di jogja dulu beda keadaan. dulu tahunya cuma pecel lele, warung nasi puny anake ibu kost, gorengan wetan Galeria, paling pol ayam goreng ninit hehehe….


Leave a Reply

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

