Selamat jalan Kang Jon

December 4, 2011 at 4:03 pm | Posted in TOMoGrafi | Leave a comment

Siang ini, saya mendapat  sms dari Cahyo Alkantana yang saat ini menjabat sebagai Presiden HIKESPI, isinya ,quote: “Innalillahi wa inna ilaihi rajiun, sahabat, guru, bapak dan sang guru kita  PONIJO atau JOHN PONY meninggal dunia jam 14.19 di RS Bethesda.. Cahyo Alkantana”.

Foto Kang Jon di pemakaman mBak Marijan (foto by Aulia Wijiasih)

Sungguh berita yang sangat mengejutkan. Semalam Nawa Murtianto mengundang doa para Pecinta Alam Yogyakarta untuk berkumpul di rumahnya, mendoakan agar kesehatan Kang Jon pulih membaik setelah di rawat di RS Bethesda, dan menggalang dana untuk meringankan biaya pengobatan. Saya juga sempat berdiskusi sebentar dengan Mas Jabrik Sugeng Triyono mengenai kondisi kesehatan Kang Jon, dan dia memintaku untuk memberitahukan ke rekan-rekan Pecinta Alam Jogja angkatanku.

Kang Jon, bagi masyarakat awam mungkin hanya satu dari sekian juta warga Jogja, namun bagi sebagian Pecinta Alam Jogja, dia merupakan sahabat, guru atau bapak yang mau membagi-bagikan ilmu teknik hidup di alam bebas. Dia aktif di SARDA DIY, sering menjadi koordinator untuk operasi pencari pendaki gunung yang hilang atau bencana. Kang Jon juga
merupakan salah satu sahabat dekat alm Mas Guru Riswanda Imawan.

Saya, mengenal Kang Jon di awal tahun 90-an, sebagai seorang anak muda yang sedang belajar berpetualang di alam bebas saya banyak menimba ilmu dari dia, terutama dalam ilmu meda peta dan kompas. Dan ketika saya bersama beberapa orang teman (salah satunya Suwarjono – Sekjen AJI terpilih) membuat FKPPA (Forum Komunikasi Pelajar Pecinta Alam) DIY, kami menempatkan Kang Jon sebagai guru yang selalu kami libatkan untuk membagi ilmunya dalam kegiatan-kegiatan kami dan diklat-diklat di beberapa sekolah.

Salah satu kenangan saya dengan Kang Jon, adalah ketika kami berbincang-bincang berdua di ruang tengah rumah Bu Pujo (wakil mBak Marijan) seusai saya terpilih menjadi Sekjen Sekber PPA DIY 1995-1997 menggantikan Cahyo Alkantana. Waktu itu, Jogja terpilih sebagai tuan rumah Gladian Nasional Pecinta Alam Indonesia, dan memerlukan kepengurusan Sekber yang solid untuk menyatukan seluruh kelompok Pecinta Alam di DIY sebagai penyelenggara. Menurut Kang Jon, pada
setiap generasi harus ada yang menjadi “martir” agar kepengurusan berjalan dengan baik, dan saya yang baru akan berkembang menjadi seorang petualang yang baik, justru harus mengemban jabatan organisasi yang membuat langkah-langkah saya menjadi terbatas. Dan saya bisa menyelesaikan kepengurusan saya, Jogja bisa menyelenggarakan Gladian dengan baik dengan ketua Sandya Yuddha (Ketua Mapagama) dan mewariskan generasi berikutnya yang lebih baik dengan Sekjen Ahmad Zamroni.

Kembali ke Kang Jon, saya terakhir kali melihatnya di foto acara pemakaman mBah Marijan, di samping Cahyo Alkantana, tampak kurus dan tua karena penyakit gula yang menggerogotinya. Dan beberapa minggu terakhir, rekan-rekan pecinta alam di Jogja bergantian untuk menjaganya di rumah di pagi dan siang hari karena istrinya bekerja (mBak Tri, guru SMP) dan anaknya sekolah. Terakhir berita yang kudengar, Mas Iwan Uban berhasil membujuk Kang Jon agar mau dirawat di
rumah sakit dan menjalani pengobatan secara medis. Sayang, siang ini Kang Jon berpulang, meninggalkan duka yang mendalam bagi seluruh keluarga pecinta alam Yogyakarta, terutama rekan-rekan yang pernah berinteraksi dengannya.

Selamat jalan Kang Jon, damailah di sisi Allah SWT. Gusti Allah ingkang miwiti, Gusti Allah ingkang mungkasi. Kan kukenang dirimu di sudut hatiku, atas semua kesederhanaan dan kepedulian pada sesama, Avignam Jagat Samagram.

Duri, 4 Desember 2011.

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: