Cicilan (mobil) Terakhir

December 1, 2011 at 5:21 pm | Posted in TOMoGrafi | 2 Comments

Cicilan (mobil) Terakhir

Kemarin pagi, saya mentransfer uang ke rekening BCA Ibunya Afa (dan Luki). Besar uang yang saya transfer 3,5 jt, untuk membayar cicilan mobil di BCA. Ya saya memang membeli mobil secara kredit di Honda Tugu dengan skema pembayaran melalui BCA. BCA saya pilih waktu itu karena bunganya relatif murah dibandingkan bank yang lain. Bahkan, demi mempertahankan komitmen kami dengan BCA saya rela berganti dealer, karena dealer sebelumnya memaksa kami untuk berganti bank yang mereka tunjuk.

Membeli mobil, sebenarnya tidak termasuk dalam rencana jangka pendek saya waktu itu. Rencananya saya malah akan membeli tanah atau rumah kecil-kecilan di Jogja, ning ternyata rencana tinggallah rencana, Bapak sakit keras dan diprediksi tidak akan bertahan lama. Maka planku dirubah dengan mencarikan pengobatan terbaik untuk Bapak dan secepatnya membangun rumah Klaten yang roboh karena gempa 2006. Dan setelah rumah selesai, Bapak berpulang. Sisa tabungan saya akhirnya kubelikan laptop untuk Ibunya Afa dan uang muka mobil.

Mobil yang saya pilih, Honda Jazz, mobil yang 2 tahun sebelumnya tidak terbayangkan bakal terbeli. Saya masih ingat, pertama kali membaca Jazz ini di koran lokal yang dibandrol dengan harga yang aduhai, dan ada batumulia di logonya. Tetapi, untungnya rejeki kami laancar, sehingga yang sebelumnya mustahil menjadi terbeli, meskipun dengan skema utang.

Saya, akhirnya membeli mobil di Honda Tugu, ya alasannya mereka mau menerima skema bank BCA, dan cicilan di bank BCA terjangkau untuk ukuran kocekku, 3,35 jt/ bulan untuk jangka waktu 4 tahun. Cicilan ini jauh lebih murah dibandingkan dengan bank yang direkomendasikan dealer yang lain, 3,75 jt, atau selisih sekitar 15 jt selama 4 tahun. Meskipun diiming-imingi cashback 5 jt, saya tetap bergeming untuk pindah ke Honda Tugu.

Awalnya, memang terasa agak berat
mengangsur mobil, ning lama kelamaan menjadi tak terasa, dan tak terasa pula ssudah 4 tahun. Jadi, cicilan mobil bulan ini merupakan cicilan terakhir untuk mobil. Bulan depan ada budget buat mencicil yang lain😀.

Apakah Anda juga membeli mobil dengan skema kredit? Apakah untungnya menurut Anda?

Salam me(n)cicil!

Duri, 30 November  2011

2 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. ho oh..

  2. Ya sama mas bisanya saya jg kredit, ambil 4 th jg dg cicilan 3,6jt masih sekitar 1,5 th lg. Untungnya karena kita sudah berkeluarga mobil menjadi suatu kebutuhan bukan lg keinginan. Saya memilih mobil keluarga yg harganya terjangkau & muat banyak baik bisa diisi penumpang maupun barang (Daihatsu Xenia). Saat ini walaupun jarang terpakai karena sudah ada mobil dinas kantor (double cabin), seminggu sekali masih tetap saya panasi mesinnya.


Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

