Nyumbang

October 29, 2011 at 3:33 pm | Posted in TOMoGrafi | Leave a comment

Pada saat ngunduh mantu tahun 2004, keluargaku mengadakan perayaan kecil-kecilan. Meskipun kecil-kecilan, ya namanya orang desa, yang datang banyak juga, 500 kursi yang disediakan tak bersisa. Acara berlangsung dengan sederhana ala masyarakat pedesaan di Klaten, resepsi model usdek (unjukan sop dhaharan es krim kondur🙂 ).

Ternyata, tetangga-tetangga dekatku, selain nyumbang ke orang tuaku, juga memberikan sumbangan ke istriku. Bahasa ndesanya, nyekeli manten, dan biasanya dengan pesan “ngge tumbas lotis” (buat beli rujak, orang-orang di desaku berbicara basa jawa halus denganku, seperti kepda ortuku). Tidak penting berapa besarnya, saya sangat terharu dengan kepedulian mereka. Uang-uang yang mereka sumbangkan mungkin merupakan pendapatan sehari mereka. Dan ternyata, sumbangan mereka berguna bagi kami, karena setelah hitung-hitungan semua, saat saya ke Jakarta bersama istri, uang kami hanya cukup untuk sebulan.

Nyumbang, saya tidak tahu budaya itu ada sejak kapan, mungkin salah satu implementasi dari kegotongroyongan masyarakat desa. Sumbangaan biasanya tidak hanya berbentuk uang, juga barang seperti beras, kelapa. Biasanya, ketika pulang para penyumbang diberi oleh-oleh besek berisi makanan khas ndesa seperti cara, kembang jambu, nagasari, sagon.

Ibuku, seperi lazimnya masyarakat desa, ternyata memiliki catatan siapa saja yang nyumbang, dan gilirannya ketika yang nyumbang punya gawe, Ibuku gantian nyumbang. Nah, saya yang tidak tinggal di rumah, biasanya diberitahu Ibu, dan biasanya kami titip Ibu untuk nyumbang. Kalau tidak sempat memberitahu, biasanya Ibu nyumbangke dulu (memakai uang Ibu dan menggunakan namaku).

Mungkin, dengan cara seperti itu, saya selalu diingatkan darimana saya berasal, selain tentu saja dengan mengupdate perkembangan ndesaku sana. Apakah budaya nyumbang juga ada ditempat Anda? Bagaimana bentuknya?

Duri, 29 Oktober 2011

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: