Akhirnya datang juga, paketku

October 12, 2011 at 2:36 pm | Posted in TOMoGrafi | 4 Comments

Akhirnya datang juga, paketku


Tadi siang, sehabis dari periksa mata di rumah sakit, saya menelpon kantor pos Jogja di Plemburan, nama kerennya Mailing Process Center. Ini jari keenam paket yang saya kirim ke Jogja, dan membuatku was-was dan proaktif untuk menanyakan posisi paketku.

Dari resi yang kupegang, paket terkirim dari kantor pos CPI Duri Selasa tanggal 4 Oktobern setelah sehari sebelumnya petugas pos mengambil dari ruang kerjaku. Paket berupa satu kardus aqua, berisi tas, jaket dan dua kaos Disney serta 1 jam tangan bagian dari oleh-oleh dari Houston bulan lalu. Ketika saya mengecek di web-nya pos indonesia, status berada di tempat pengiriman kantor pos Dumai per tanggal 5 Oktober, dan status ini (proses kirim) sampai dengan tanggal 8 Oktober.

Wah, ternyata perjalanan paketku cukup muter-muter, dari Duri, ke Dumai, kemudian ke Pekanbaru baru ke Jogja. Panjang juga, dan menurut pegawai kantor pos yang kuhubungi, memerlukan waktu 5 hari kerja. Kilat khusus lho padahal. Jadi ketika hari minggu kulihat di webnya lagi statusnya sudah di Jogja, hatiku agak tenang, harapanku Senin dah sampai ke tangan istriku.

Ternyata, sampai Senin sore dan Selasa pagi, statusnya di web masih sama, proses terima, lokasi MPC Yogyakarta 55400. Saya pun sedikit was-was, jangan-jangan alamat surat yang kemarin komplit, ditulis kurang lengkap oleh petugas pos sehingga pak pos kesulitan menemukan bagian biomedika kedokteran gigi, fkg ugm. Saya pun, kemudian berinisiatif untuk kembali melacak telpon MPC Yogya tadi.

Jam setengah 12 kurang sedikit, telponku tersambung dengan perempuan bersuara empuk di seberang sambungan. Setelah mengenalkan diri, saya menanyakan paket saya dengan menyebutkan nomer resinya. Ibu tersebut kemudian menghubungi bagian lain, yang kebetulan tidak ada, saya diminta untuk telpon kembali 5 menit kemudian.

Seperti yang sudah dijanjikan, saya menelpon lagi, dan diberitahu kalau paket saya masih ada di kantor pos, belum dikirimkan. Saya kemudian dihubungkan dengan bagian yang mengurusi paket. Intinya, paket saya masih disitu, besok baru akan diantar, kecuali da$bil sendiri sebelum setengah 3. Alasannya, tukang posnya sudah jalan.

Sehabis makan siang, saya telpon istri untuk menjempu saja paketnya. Dan ternyata, istriku mendapat sms dari pak pos yang memberitahu kalau paket akan dikirimkan langsung ke fkg ugm saat itu, dan pak posnya sudah jalan. Great Job Mister Mailman! Dan Alhamdulillah paketku sampai siang ini di alamat tujuan, terhitung 6 hari kerja dari saat dimasukkan di kantor pos pengiriman.

Saya, sebenarnya relatif sering mengirimkan paket ke Jogja, terutama ke alamat sekolah anakku. Namun jarang memperhatikan proses dan waktu pengiriman serta instrumen yang bisa dipakai untuk mentrack paket kiriman. Menurutku, pos indonesia sudah banyak mengalami kemajuan, suah ada web yang bisa untuk mentrack, ada nomer yang bisa disms untuk tracking, dan ada call center yang bisa dihubungi. Saya menggunakan ketiganya, dan berikut ini hasilnya:
1. Website bisa digunakan untuk melacak posisi kiriman kita, namun kurang informatif dan updated, hanya ada single status dan tidak ada history yang sekuensial.
2. Saya beberapa kali mengirim sms ke nomer yang tertera di resi, sayang balasannya selalu disuruh mengirim lagi karena lagi sibuk.
3. Nomer callcenter yang kuperoleh dari webnya pos indonesia, juga tidak bisa kutelpon.
4. Tidak ada informasi alamat kantor pos beserta nomer telpon di kota tujuan yang bisa dihubungi, sementara kantor pos pengiriman juga tidak tahu. Untungnya saya dapat nomer dari google.

Namun, bagaimanapun ceritanya, paketku sudah sampai. Dan sayapun punya pengalaman berdebar-debar menunggu paket tiba. Salam dua jempol untuk Pak Pos yang sudah menunaikan tugas mengirim paketku!

Duri, 11 Oktober 2011

4 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. dua kasus serupa tapi tak sama.

    Pertama. Pertengahan bulan April lalu, saya mendaftarkan no ISBN di perpustakanan nasional di jakarta. bukti pendaftarannya, sy minta untuk dikirim via pos ke alamat sy di tenggarong. tepatnya di Jl Anggana Tenggarong Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. Hitungan normal, penngiriman pos dari jakarta ke tenggarong biasa 3-4 hari. Nah, lewat hampir 2 minggu, kok tidak datang-datang juga. Tiba-tiba saya mendapat pesan singkat, “yth bp Fahdi Faaz, mohon mengambil surat dari perpusnas RI di kantor pos sungai miriam”.

    Tanpa pikir panjang, langsung saya menuju kantor pos tenggarong. segera setelah bertemu pak pos bagian pengambilan barang, bapak tersebut langsung berujar, “wah mas, ini kantor pos tenggarong. kalau kantor pos sungai miriam ada di anggana sana…”

    Ternyata, surat itu ‘nyasar’ ke kecamatan anggana, salah satu kecamatan di kab kukar, yang berjarak hampir 150km dari tenggarong. Mungkin karena begitu cepatnya membaca tujuan alamat surat, yang dibaca hanya Anggana. secara kebetulan, alamat rumah saya di jalan Anggana juga…

    Kedua. saya pesan barang dari kawan di jogja.ada dua paket. paket pertama dikirim ke cilacap paket kedua dikirim ke tenggarong. pengiriman menggunakan jasa perusahaan titipan kilat. paket ke cilacap, sudah sampai dalam 3 hari. sebaliknya, yang ke tenggarong, sampai 3 minggu kok gak sampai juga. saya mencoba menelusuri via website. eh lah kok tulisannya ‘tangerang’..

    Saya konfirmasi ke kawan saya yang mengirim… nah ternyata memang salah dari perusahaan pengirimnya. maunya ke tenggarong, nyasar ke tengerang…

  2. pengiriman barang dari syariah biz .
    belum nyampai di alamat ;nursalim desa tanjungsari.rt01/rw01.kec.kutowinangun.kabupaten kebumen .jawatengah.
    mohon dicek

  3. pengirima barang no resi 12849760072 an eko yuwono tgl 27sep 12 kirima blm sampai

  4. Kasusnya hampir sama denganku, saffron( bumbu Muahaal Buanget) sampai dlm wkt 5 hari dari Surabaya ke Palembang,,,,,
    Sebelumnya aq pernah juga pakai jasa PT.POS, pesanan kaca mulut dan eskavator kecil punyaku dtg tepat waktu…
    Makanya klo urgent n megirim paket2 berharga, mending pake jasa swasta dgn tambahan ausansi deh..
    tp klo ga urgent2 bgt ya gak papa pake jasa PT.POS
    sbg info tambahan, light curing temanku jg pernah rusak wkt pengiriman n ga bs complain ke siapa2, jd cermatlah menggnakan jasa pengiriman brg..


Leave a Reply

Blog at WordPress.com. | The Pool Theme.
Entries and comments feeds.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

