Selalu Ada Yang Pertama: Konsultasi Thesis

October 2, 2011 at 4:25 pm | Posted in TOMoGrafi | 2 Comments

Kemarin sore, aku terbangun oleh telpon anakku yang kecil, Luki. Tak terasa sudah beberapa jam aku tertidur, dan akupun segera melihat jam, ternyata sudah jam setengah 7 malamn satu jam terlewat dari alarm yang ku set sebelum tidur. Rencananya, aku akan ke training center sehabis maghrib, karena menurut perhitungan aku akan konsultasi thesis jam 8 malam.

Setelah agak rileks, aku kemudian menelpon Ibonk, yang ternyata sedang menunggu konsultasi. Jadualku setelah Ibonk konsultasi, jadi aku agak sedikit tenang, belum tertinggal jadual konsultasi. Aku kemudian sholat maghrib dan menunggu Ibonk yang berjanji menjemput untuk makan malam. Kami pum kemudian makan malam di Sate Cun, yang menjadi andalan kalau waktu makan sudah mepet.

Sehabis makan, jadual Ibonk konsultasi, yang kuperkirakan akan memakan waktu 2 jam. Dan ternyata sehabis Ibonk masih ada Hanif yang akan konsultasi, sehingga aku khawatir kalau tidak mendapat jatah waktu karena akan terlalu larut. Aku pun kemudian pulang kembali ke wisma untuk kembali tidur.

Jam setengah sepuluh, aku terbangun dan Ibonk memberitahu kalau dia sudah selesai dan dilanjutkan Hanif. Akupun kemudian diantar Hery ke training center untuk menunggu giliran konsultasi.

Training center sepi ketika aku datang, hanya Hanif dan Pak Dardji yang sedang melakukan bimbingan. Sementara diruang tamu, janitor yang menunggui kami sedang melihat HBO, filmnya karate kids (?). Aku pun kemudian ikutan nonton, sambil mengusir kantuk yang tersisa.

Sekitar jam setengah 11, Hanif memberitahu kalau dia sudah selesai, sejam tepat. Dan aku segera menuju ruang sebelah, menata laptop dan membuka file yang akan ku konsultasikan. Diluar persiapanku, ternyata untuk konsultasi yang pertama ini yang diulas adalah bab 1. Aku sudah mempersiapkan bab ini lebih dari sebulan lalu, sayang rentang waktu lebaran dan training tidak kugunakan untuk mengupdate-nya, sehingga bab ini baru setengah jadi. Beruntung saya membawa proposal thesis yang dulu menjadi tugas mata kuliah metodologi penelitian geologi. Sedangkan beberapa slide yang kupersiapkan kemarin berupa korelasi dan pemodelan statis bakal tidak berguna saat ini.

Akupun kemudian mulai mempresentasikan dilayar proyektor bab 1 ku, dan Pak Dardji membaca dan mengoreksi, kadang-kadang beliau mendiktekan kekuranganku, atau menanyakan sesuatu hal yang kurang jelas. Tak terasa, bagian demi bagian bab 1 mwngalir lancar untuk dicek dan dikoreksi, akupun menambahkan beberapa catatan yang masih perlu kuperbaiki. Bahan-bahan yang kurang, misalnya tujuan penelitian dan diagram alir, kuambilkan dari proposal penelitian. Diagram alir inilah yang nanti akan kudetilkan dan disertai hasil pekerjaanku, ditampilkan di bab 3. Mudah-mudahan lancar dan sesuai rencana.

Sekitar jam setengah 12, hanya sejam, Pak Dardji mencukupkan konsultasi, mungkin bahan yang kupersiapkan kurang banyak, dan hari sudah larut malam. Aku pun kemudian menelpon Hery dijemput dan mengantarkan Pak Dardji kembali ke Wisma Bukit, guest house Chevron. Dari konsultasi pertama ini, setidaknya aku mendapatkan gambaran mengenai thesis yang akan kukerjakan dari sisi akademis, dan mudah-mudahan masih cukup waktu untuk menyelesaikan sebelum semester ini berakhir. Wish me luck!

Salam mahasiswa,

IDBS leaving for Duri, 2 Oktober 2011

2 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. penak gak mas dadi mahasiswa meneh…heheh..Salam Mahasiswa…

    • saik iwis rampung😀, dadi ndak enake wis ilang..


Leave a Reply

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

