Umbah-umbah, Menghemat Uang Saku

September 18, 2011 at 11:22 pm | Posted in TOMoGrafi | 2 Comments

Umbah-umbah,  Menghemat Uang Saku

 

Sebelum berangkat ke Houston, salah satu post yang saya khawatirkan menguras uang sakuku adalah pengeluaran untuk laundry. Sudah menjadi pengetahuan umum, kalau laundry di hotel relatif mahal, bahkan lebih mahal dari harga pakaian yang dicucikan. Beruntung, ketika di US ada tempat laundry umum di hotel, sehingga bisa menghemat uang saku.

Sayangnya, Rabu 14 Septeember ketika saya mau mencuci pakaian, mesin cuci di hotel masih rusak. Untungnya mobil shuttle hotel mau mengantarkan kami ke tempat cuci umum, washeria namanya. Oswaldo, sopir mobil driver menanyakan kenapa tidak menggunalkan jasa laundry jotel saja, yang tak jawab relatif mahal.

Sesampai di tempat cuci umum, kami segera menukarkan uang 1 dollaran menjadi 25 sent di mesin penukar uang. Dan kemudian memasukkan pakaian dan deterjen yang sudah kami beli ke mesin cuci, dilanjutkan menutup mesin cuci dan memasukkan 8 koin 25 sent ke kotak yang tersedia. Mesin cuci kemudian mulai mencuci, dan memerluka waktu 35 menit untuk mencuci. Sambil menunggu cucian selesai saya ngobrol dengan Syamsul dan memilah-milah koin 25 sent yang kami milili berdasarkan negara bagian penerbitnya. Terlihat juga beberapa orang lain yang mencuci seperti kami.

Tak terasa, cucian kami sudah selesai, dan kamipun memindahkan ke mesin pengering. Beaya untuk mesin pengering ini adalah 50 sen untuk waktu 8 menit. Pakaianku kemudian tak bagi dua, dan saya memasukkan 1 dollar ke masing-masing kotak mesin pengering. Kami menunggu lagi mesin pengering bekerja.

Ketika mesin pengering berhenti, saya kemudian mengeluarkan pakaian yang sudah kering dan melipatnya di meja yang sudah disediakan. Ternyata kami pelanggan terakhir di tempat mencuci ini, sehingga setelah kami pamitan, wanita penjaga tempat ini menutup tempat mencuci ini.

Kami pun kemudian menunggu Oswaldo menjemput kami, dan tak perlu menunggu lama Oswaldo sudah datang. Saya pulang kembali ke hotel dengan pengalama umbah-umbah di Amerika.

Salam umbah-umbah!

Houston, 18 September 2011

2 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Haaa…ada cerita lucu…karena sudah umum kalau mencuci di negara maju pasti memakai mesin cuci. Mesin cuci itu bekerjanya dgn cara memutar pakaian dari mulai penyabunan hingga pembilasan dan pengeringan. Ada seorang pelajar tingkat SMU dari Amerika yg ikut pertukaran pelajar di Indonesia. Ketika ia harus mencuci pakaiannya dgn tangan karena tidak ada mesin cuci di tempat ia tinggal.Mulai lah ia mengambil ember….kemudian dia isi dgn air dan memasukkan pakaian2 kotornya kedalam ember tsb. Setelah di campur bubuk deterjen satu tangannya mengepal dan dimasukkan kedalam ember tsb sambil dputar kekiri dan ke kanan……..begitu bolak balik ……seperti mesin cuci……….hahahahaha

  2. kira – kira di indonesia mesin kayak gitu berapa yah??


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: