Sempitnya Dunia Perminyakan

September 17, 2011 at 9:38 am | Posted in TOMoGrafi | Leave a comment

Sempitnya Dunia Perminyakan

Siang ini, sehabis training dan menaruh tas, sayaa berangkat sholat jumat bersama dengan Rai dan Syammsul. Jarum jam menunjukkan pukul setengah satu ketika kami keluar dari kantor Chevron di 1500 Louisiana Street. Terik matahari tak menghalangi langkah kami menyusuri jalan downtown Houston menuju stasiun terdekat. Kami kemudian naik kereta metro downtown.

Sesampai di stasiun terdekat dengan masjid, kami turun dan berjalan kaki menuju masjid. Ketika mau masuk masjid, diteras saya lihat kawan lama yang dulu bersama kerja di Minas, hampir sepuluh tahun lalu. Saya dan dia sudah tidak bertemu sekitar 8 tahunan semenjak saya pindah ke Talisman Jakarta. Surprised, di kota sebesar Houston masih ketemu dengan sahabat lama. Segera saya menghampiri dan menyapa sambil menyebut namanya, Mas Pujiono. Komentar pertama kali dia , kok saya lemu banget. Dia sempat menanyakan berapa lama saya di Houston dan untuk urusan apa, yang tak jawab training, 2 minggu.

Saya tidak lama berbasa-basi, karena waktu Jumatan sudah menjelang, saya segera membeli makanan dan segera menikmatinya di lantai bawah masjid bersama dengan jamaah Jumat dari berbagai bangsa. Saya makan nasi briyani, yang menurut saya salah karena rasanya tidak cocok dan porsinya kebesaran. Sementara Rai dan Syamsul makan nasi putih dan nasi goreng yang mungkin lebih enak.

Seusai makan, segera saya mengambil wudlu dan masuk ke masjid, sholat tahuyatul masjid dan duduk di barisan depan, sementara Rai mengaji dengan Qur’an digital, jamaah yang lain membaca Qur’an juga. Khutbah Jumat berlangsung tidak lama sesudahnya, dengan bahasa Inggris dan Arab.

Pulang sholat Jum’at, kembali kami jalan kaki ke stasiun. Kali ini saya sempat berbincang-bincang agak lama. Mas Pujiono, lulusan UPN angkatan 89, S2 geologi ITB, dulu bekerja di Minas, mengambil pensiun dini dan pindah ke Petronas. Sekarang dia bekerja di HESS dan sedang menjalani international assignment selama 5 tahu sebagai Advisor Geology di HESS Houston, mengerjakan daerah West Africa. Ketika kereta datang, kami naik, dan diatas kereta kami sempat difoto oleh Rai. Sebelum Mas Pujiono turun untuk kembali ke kantornya, saya minta kartu namanya, siapa tahu bisa mampir atau minimal punya kontaknya lagi.

Saya pun akhirnya turun dan kembali ke kantor, dengan membawa pengalaman berjumpa kawan lama di Houston. Memang sungguh sempit dunia perminyakan. Dan itu yang selalu saya katakan kepada adik-adik kelas saya yang akan meniti karier di dunia perminyakan, dunia perminyakan itu sempit maka menjadilah orang baik.

Houston, 16 September 2011

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: