Praktek Beli Gadai Emas di BPD Syariah DIY

September 5, 2011 at 2:31 pm | Posted in TOMoGrafi | 58 Comments
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Praktek Beli Gadai Emas di BPD Syariah DIY

Siang ini, seusai memperbaiki kamera di Central jalan Solo, saya janjian dengan Mas Deny untuk praktek nabung emas. Skema yang kami pilih adalah beli gadai di Bank BPD Syariah. Pemilihan beli gadai ini berdasarkan pertimbangan saya setelah membandingkan beli emas langsung di toko emas dan beli gadai di beberapa Bank. Sedangkan Bank BPD syariah saya pilih berdasarkan perbandingan nilai taksir, nilai gadai dan besar biaya gadai.

Dari kawasan kota baru, saya segera menuju Bank BPD syariah di jalan Cik Di Tiro, saya sampai duluan, sementara Mas Deny belum sampai. Tak perlu menunggu lama, Mas Deny sampai dan mengajak saya menemui Pak Bowo, pegawai bank yang mengurusi gadai.

Sumber: http://www.cartoonstock.com/directory/I/Investment_advisor.asp

Langkah-langkah yang dilakukan sbb:
1. Pak Bowo mengecek harga dan persediaan LM di berbagai toko emas di Jogja, a.l Semar, Gadjah Sakti dan Nagan. 2. Emas yang tersedia dan harganya dibertahukan ke saya, dan kemudian saya memilih sesuai skema yang saya rencanakan.
3. Pak Bowo membuat simulasi mengenai harga, biaya gadai dan uang yang harus saya bayarkan.
4. Saya membuka rekening di Bank BPD syariah.
5. Saya mengambil uang tabungan di rekening Bank Mandiri dan menabungkannya di Bank BPD syariah.
6. Pak Bowo mengurus akad gadainya, saya menandatangani surat-surat dan kemudian Pak Bowo mendebet biaya dan harga yang saya bayar. Kira2 saya membayar sepertiga dari nilai beli ke toko emas.
7. Orang toko emas membawa emas yang saya beli ke Bank BPD syariah, orang BPD syariah membayar harga emas dan menyimpan emasnya, sementara saya membawa pulang surat gadai.
8. Skema gadai yang saya pilih 4 bulan, empat bulan lagi saya memperpanjang gadainya atau kalau sudah cukup uangnya saya tebus emasnya.

Sumber: http://outletdinar.com/

Salah satu keuntungan dengan skema ini, saya mendapaat emas dengan harga yang relatif murah, tidak terpaut jauh dari harga Antam, selisih 1-2 ribu rupiah. Sementara minggu lalu saya membeli di salah satu toko emas selisihnya hanpir 30 ribu dengan Antam. Keuntungan lainnya, saya sudah memiliki emas dan masih punya waktu untuk mengumpulkan uang untuk membayarnya.

Salam praktek!

Jogja, 7 Syawal 1432 H

58 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Ass,…..
    Mas Komo,… aku baru belajar juga ni,… bisa share ga??
    PM ya,… Fitria,

    • lah aku juga baru mulai belajar dengan sistem beli gadai ini, lumayan bisa dipaksa untuk beli emas😀 ….

  2. maturnuwun atas infonya mas, kemarin saya coba ke bpd syariah kusumanegara ternyata belum bisa, harus ke jl cik ditiro

    • betul Pak ,kemarin saya langsung ke Cik Di Tiro… berdasarkan diskusi dengan teman2.. skema BPD Syariah paling menguntungkan

  3. mas, tolong saya diberi info biaya titip dan administrasinya, nilai taksir per gram berapa ya?

    bisa via email

    maturnuwun sebelumnya

    • Kemarin, di BPD Syariah, nilai taksirnya 90% dari harga 416 ribu, sedangkan biaya gadainya 3500/ gram/bulan. Menurut saya, nilai taksir yang tidak begtu tinggi membantu kita ketika akan menebus gadainya.

      • Mo…aku tadi ngecek harga emas harganya yg 10 gr Rp 5.365.000 berarti kan harga per grmnya 536.500 kok taksirannya cuma 416rb. apa memang begitu dari BPD nya

  4. bagus pak infonya, sayangnya posisi saya di luar jogja

    • Kalau di luar kota mungkin bisa ditanyakan ke BNI Syariah atau bank yariah yang lain Mas Dody…

  5. Ganis : betul, harga taksiran emas dari BPD Syariah memang hanya 416 ribu, imho ini salah satu yang membuat menarik karena nilai pinjaman kita ke bank jadi relatif kecil, hanya perlu modal sedikit lebih besar dibandingkan yang taksirannya lebih tinggi.

  6. Mas, itu emasnya merk HK apa antam? Trus selisih 1-2 ribu rupiah dari antam itu per gram apa per sekian gram?
    Suwun infonya sangat membantu.

    • Merk-nya Antam (LM), selisih 1-2 ribu untuk per gramnya. Kondisi kemarin, toko2 emas di Jogja menahan 20-30 ribu di atas antam..

  7. Mas..
    Harga yg ditawarkan sudah termasuk cetak sertifikat?
    Kdg kepemilikan model seperti ini belum termasuk cetak sertifikat. Utk di luar Jogja bisa mencoba di BNI Syariah dan Bank Danamon (mungkin cabang2 terpilih juga). Aku juga baru belajar ttg LM, biasanya sih follow pak @endykurniawan. Hehehe
    Gold Luck ya Mas!

  8. Upss..
    Maaf Typo..
    Di Luar Jogja, yg aku tahu pasti bisa mencoba BRI Syariah (BUKAN BNI—kl bank ini aku gak tahu pasti), DANAMON atau Bank BTPN..mungkin juga di cabang2 tertentu juga..

  9. di BPD syariah, biaya gadainya brp mas? udah mbandingin dg yg di BRIS ato BSM? Mana yg lbh rendah

    • di BPD syariah 3500/ gram/ bulan.. kemarin dibandingkan dengan BSM, BRIS dan BNIS.. BPD syariah paling feasible…

      • wah, rendah sekali ya… 2 bln yg lalu di BSM 6750/gr/bln dg harga taksir emas sekitar 473rb-an…

  10. Harga taksir di BPD relatif konservatif dan uang gadainya rendah, jadi bisa tidak terlalu memberatkan

    • jd inget kata pak AG syariah financial planner, klo mau nyari gadai emas yg biaya titipnya rendah ya ke bank daerah spt bank jabar ato BPD… ntar tanya2 ah ke BPD sini udah ada yg syariah apa belum :

      • Bpd jabar paling murah memang, dengan beli gadai di bpd jogja jadi bisa punya simpanan emas lagi

  11. siipp… selamat berkebun emas😉

  12. menarik kang bro… eh dirimu saiki ning ndi kah domisiline… kangen guyon cerdasmu kang bro ^_^

  13. ayo…ayo….. kalo masih bingung, boleh japri, diajari sampai bisa. he he he

    • Klu msh di duri, cobalah ke BRiauSyariah jg ada produk Rahn/gadai emas nya tom..dg sewa penyimpanan emasnya 3000/gr/bln
      Tmn2 yg di dlm jg sdh bnyk yg ikut di BRiauSyariah tsb (sdh ada cabnya di duri)….selamat berkebun, semoga berkah dan jgn lupa zakatnya nanti

      • kalo di BRISyariah (baik di duri maupun ditempat lain) biaya sewa-nya 3.000, perlu di cek ulang, karena terakhir saya survai biaya sewa-nya sudah 4.500/gram/bulan.

  14. Betul pak, klu utk BRIsyariah 4500/gr/bln itupun mrk membaginya per10 hari, klu ditotal /bln skitar 4500tsb.

    Sedangkan 3000/bln/gr yg sy maksud adlh Bank Riau Syariah (BRiauSyariah) bukan BRI Syariah, beda bank pak..

    • Mbak Neneng, boleh tahu detail produk gadai-nya bank riau? 1. masa gadai-nya 3 bulan atau 4 bulan? kedua, harga taksir 1 gram emas batangan antam berapa ya? 3 biaya gadai dibayar di awal gadai atau di akhir gadai? 3 pertanyaan tersebut, akan membantu saya untuk membuat perbandingan skema gadai antar bank, mana yang paling layak untuk di rekomendasikan ke teman2.

      • ‎@Pak Deny: sblmnya maaf ya klu nanti jwbannya tdk memuaskan🙂.
        1. Masa gadai di BRiauSy, max 6bln min terserah
        2. Klu utk saat ini (3hari yg lalu dikbri) harga taksirnya 492rb/gr
        3. Biaya gadai dibayar diawal, krn akad Rahn terdiri dr 2 akad yg tdk bisa dipisahkan, yaitu akad Qard dan akad Ijarah (akad gadainya dan akad sewa tempatnya sbg profit bank tsb), jd dibyr di awal. Tdk ada biaya adm/lainnya selain 3000/gr/bln sbg biaya sewa penitipan tsb.

        Klu yg di pekanbaru, dari Bank mandiri syariah, BRI syariah, BNI syariah yg pernah sy hub, BRiau Syariah yg paling murah biaya sewanya, jelas tdk berbelit2 dan tdk meragukan. Ini berdasarkan yg sy lakukan jd bkn promosi🙂

        Klu Pak Deny ikut nabung emas dg bank syariah ini dimana?

        Sama dg pak Deny, krn sdh merasakan manfaatnya dan InsyaAllah berkah, sy jg berbagi dg teman2 utk menabung emas dg cara gadai emas ini.

        Klu ada ilmu tambahan lainnya utk perencanaan keuangan keluarga, mohon sy di share jg ya Pak Deny…terimakasih

  15. Mbak Neneng, saya ada beberapa skema. Di BNI syariah punya, DI BRIs punya, di BPD DIY Syariah punya.
    di BRiau, dengan harga taksir 492.000, besar pembiayaannya berapa %?
    Mbak Neneng, dengan harga taksir 492.000, biaya gadai Rp 3 ribu/gram/bulan, dan saya asumsikan BRiau memberikan pembiayaan sebesar 90% dari harga taksir, kesimpulan saya BRIau paling kompetitif. karena biaya gadai-nya jadi sangat murah sekali (mungkin paling murah dibanding bank2 syariah yang pernah saya survai)

    • Ya pak Deny, pembiayaannya utk antam 90% dg ttl pembiayaan 1M/KK.
      Betul pak sngt murah, dg sewa penyimpanan 3000 dg harga taksir di 492.000 artinya profit bank tsb sekitar 7.3%. Dg profit sktr 7.3% tsb, sy rasa tdk lama lg mrk akan naik kan tarif sewa, krn klu tdk akan rugi mrk krn profit mrk hampir sama dg produk tabungan nasabah…paling kurang profit mrk kembali diposisi 11% spt thn lalu.
      Sy mulai ikut Rahn di BRiau sy ini maret 2010, saat itu harga emas 330.000/gr dg 3000 sewanya jd sktr 10.9% profit mrk.
      Jadi klu nanti mrk naikkan smp 4500/gr/bln (10.9%/th) tarif sewanya masih bisa diterima klu menurut perhitungan sy.
      Begitu jg dg bank syariah lainnya, sy rasa tdk lama lg bakal menaikkan tarif sewa gadai mrk seiring dg naiknya harga emas dunia, krn klu tdk %profit mrk akan turun…betul gak pak?
      Klu di BPD DIY syariah brp max total pembiayaan nya?
      Oya, sy add pak Deny ya..kapan2 bisa tanya2 lbh detail lg ttg ilmu keuangan lainnya🙂

      • Mbak Neneng, cara saya membaca data tersebut (harga taksir, % pembiayaan, biaya sewa/titip/penyimpanan) agak beda dikit dengan mbak neneng. kalo saya mengambil kesimpulanya begini bahwa dengan pembiayaan 90%, harga taksir 492.000, serta biaya titip hanya 3 ribu/gram/hari kesimpulan saya sangat murah. karena ekuivalen dengan 0,68% (kalau biaya gadai-nya setarakan dengan bunga). itu artinya, kalo kita kita berkebun emas di bank riau sangat layak. karena beban yang kita tanggung setahun enggak sampai 12%

  16. Sama kok cara mbacanya, Pak Deny betul utk koreksinya (makasih :)).. Krn sy blm kurangi 10% dr 492rb nya, jd 0.68 utk perbln atau 8.1%/thn…betul, sangat murah makanya Alhamdulillah sdh banyak tmn2 yg jg mengalihkan tabungan biasa menjadi menabung emas melalui bank syariah ini dan sdh merasakan manfaatnya…saat 3000 di harga taksir 330rb (1%/bln atau 12%/thn keuntungannya) saja sdh untung apalagi skrng.

    Klu sy di simple simulasi yg sy buat utk 6bln berikutnya, kemungkinan utk kenaikkan tarif sewa sy buat seiring dg kenaikkan harga emas dan kenaikkan harga emaspun sy buat tdk lbh dr 20%, jd saat jatuh tempo ternyata emas tdk terlalu tinggi naik dan potonganpun (sewa gadai) bertambah, sy sdh siap dg selisih yg sy terima krn sesuai dg yg sy prediksikan…tapi sebaliknya jika harga emas naik bnyk spt saat ini, selisih yg sy terima Alhamdulillah bisa 2x yg sy simulasikan..jd tambah giat nabungnya:D

    Oya, makasih pak Deny sdh di add🙂

    • Mbak Neneng Purwanti, apakah di Bank Riau Syariah punya produk beligadai? Kalau punya, kerja sama dengan toko emas apa ya?

      • @Pak Deny: gak ada pak, murni gadai emas/Rahn..kita beli sendiri emasnya.
        Klu beli gadai tsb akad nya spt apa pak? Apa ttp syarii??

  17. Sebenarnya akad-nya sama dengan gadai, hanya proses menyepakatan akad melibatkan 3 pihak.

  18. kalau di Bali Bank syariah apa yg biaya titipnya paling murah ya?

  19. Menurut saya kalo investasi emas dengan sistem gadai itu justru malah rugi.

    Saya sempet tertarik untuk invest emas dengan cara gadai ini. tapi seperti biasa, saya selalu simulasikan (saya orang yang agak detil soalnya hehe) sebelum benar2 masuk ke investasinya. dari hasil simulasi saya simpulkan rugi.
    sebagai analisa:
    saya coba masukkan modal 10jt bisa dapet sekitar 60gram emas (estimasi harga emas 500rb/gram) dengan biaya gadai 4500/gram/bulan. dalam jangka waktu satu tahun (saya ambil kenaikan emas 15%) untung saya cuma 500ribu.
    Kalau kita bandingkan dengan deposito yang setahun bisa sampai 10% aja satu tahun dapet 1jt. Itupun kita dapet dengan duduk manis tanpa harus mondar mandir ke toko emas, ke bank, ke toko emas lagi dan seterusnya.
    kelihatannya aja kita punya 60gram dengan modal 10jt. tapi return nya sedikit, sayang kalau investasi modal besar, usaha besar, tapi return sedikit.

    Bagi yang mau detil simulasinya (file excel) silahkan request ke email saya. silahkan siapa tau bermanfaat dan bisa jadi masukan sebelum berinvestasi.

    CMIIW
    salam,
    Terima kasih

    • Dear Pak Adan, kalo tidak keberatan boleh dong saya diemail rincian perhitungannya. Email saya:
      muh_surya_a@rocketmail.com
      Terima kasih sebelumnya.

      • Jk berkenan sya jg di emailkan rincian perhitungany pak Adan? suwun bosdito99@gmail.com

    • Mungkin betul perlu di cek lebih detail, tp saya mau koreksi simulasi anda. Uang 10 jt, dgn asumsi harga logam mulia 500rb pergram, artinya cm dpt 20 gr ( bukan 60 gr). Kemudian tingkat bunga deposito utk uang 10 jt hanya 5 persen, blm dipotong pajak 15% . Artinya bunga nett cm 3,5 persen. Bunga ini jauh dibawah tingkat inflasi yg sekitar 6 persen, artinya ada 2,5 pesen nilai uang kita dicuri oleh inflasi. Bandingkan dengan kenaikan emas antara 10 sampai 15 persen pertahun. Masih jauh lbh menguntungkn kn bila invest emas?

    • pak kolau boleh, penjelasan detainya. saya juga ada file exel hasil hitungan exel saya, boleh tukar ilmu. klau boleh nanti saya kirimi file exel saya ke email mas adan. email sata kpambudi@gmail.com. makasih banyak mas

    • Dear pak Adnan,
      Saya juga tertarik dengan rincian perhitungannya, tolong dikirim ke email: palupi_kr@yahoo.co.id
      Terima kasih

      • Udah saya kirim pak. semoga bermanfaat.
        sekali lagi ini hanya hasil analisa saya yang masih awam ini.
        semoga bisa jadi bahan referensi dan diskusi.

        oiya, dulu saya sempet discuss juga soal ini dengan pak surya anindhita (owner blog ini). Beliau punya lebih banyak ilmu soal ini.

        regards,
        Ramadhan

      • Pak Ramadhan, saya bukan owner blog ini. Pemilik blog ini Pak Sulastama Raharja. Blog saya: http://www.suryaanindita.wordpress.com silahkan berkunjung, saya juga membahas beberapa hal tentang emas dan bisnis disana. Btw ilmu saya juga sangat terbatas Pak, mari saling memberi masukan dan sama2 belajar. Sukse buat kita semua🙂
        Thanks

      • Wah, beribu-ribu maaf buat Pak Sulastama Raharja berarti.
        Terimakasih pak Surya. saya mampir ke blognya juga nanti.
        salam.

    • Aslm,
      Bos, Tolong dikirimi simulasinya…
      Mksih.

  20. Dear Pak Adan, kalo tidak keberatan boleh dong saya diemail rincian perhitungannya. Email saya: muh_surya_a@rocketmail.com
    Terima kasih sebelumnya.

    • Sudah saya repply pak.
      Silahkan. semoga bermanfaat..

  21. pak saya masih blom faham maksud penjelasan di atas, kalo boleh email saja. kpambudi@gmail. makasih banyak pak ilmu dan penjelasannya

  22. pak Adan email dong infonya ke andreasf88@telkomsel.blackberry.com…info untuk hal yg diterangkan dalam investg emas atau deposit di bank yg menguntungkan

  23. Apakah masih dapat dilayani skema beli gadai di bpd syariah jogja. Karena ada aturan baru dari BI yang menutup beli gadai di bank syariah. Maklum, saya di luar jogja. Bank syariah disini menutup skema beli gadai untuk rekening baru. Untuk top up juga belum bisa. Terima kasih infonya

  24. pak Adan email dong infonya ke andhy_ab@yahoo.com info untuk hal yg diterangkan dalam investg emas atau deposit di bank yg menguntungkan

  25. pA MOHON INFONYA JUGA DONG… JADI MINAT NIH.. SEKALIAN PERHITUNGANNYA TOLONG DIKIRIMKAN KE yogapermana1974@yahoo.com y… tks berat semoga amal ibadahnya diterima disisiNya… amiiin

  26. tertatik invest emas juga

  27. Pak Adan, kalau tidak keberatan boleh dong saya diemail rincian perhitungannya. Email saya: jayagrade@yahoo.co.id
    Thx b4


Leave a Reply

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

