Menanti Jambu Dalhari dari Mas Gojis

September 5, 2011 at 4:12 am | Posted in TOMoGrafi | Leave a comment

Menanti Jambu Dalhari dari Mas Gojis

Beberapa waktu yang lalu, sahabat kita, Mas Sudarmaji Gojis, memposting foto jambu air berwarna merah kehitaman yang menggiurkan. Jambu ini banyak dikembangkan di kampung Mas Gojis di Berbah, namanya jambu air Dalhari. Mungkin namanya diambil dari nama pemilik pertama yang mengembangbiakkan, entah.

Nama jambu air Dalhari mengingatkkan saya akan tulisan di majalan pertanian Trubus beberapa tahun yang lalu, jambu air yang exotic khas berbah yang bisa menjadi sumber penghasilan pemiliknya. Sebagai seorang pecinta tanaman, saya waktu itu tertarik untuk memiliki pohon jambu Dalhari ini, namun sayang kekurangan informasi cara memperoleh bibitnya.

Beruntung, Mas Sudarmaji memposting buah jambu yang langsung mengingatkanku tentang keinginan untuk memiliki pohon jambu ini. Setelah diskusi beberapa saat, akhirnya saya minta bantuan ke beliau untuk mencarikan bibit jambu ini yang akan diambil sekitar lebaran, pas saya mudik.

Alhamdulillah, kemarin bibit cangkokan jambu di bawakan Mas Sudarmaji ke Jambon Resto, sekaligus kopdar syawalan KV. Akhirnya keinginan saya memiliki jambu dalhari, meskipun baru cangkokan terpenuhi sudah. Dan surprisednya, harganya relatif murah, 30 ribu yang setara dengan harga setengah kilo jambu air produk Malaysia yang pernah saya beli di supermarket dekat rumah.

InsyaAllah, saya akan segera menanam jambu dari Mas Sudarmaji, dan bersabar menanti buahnya suatu saat. Jambu Dalhari ini, mungkin salah satu jenis buah lokal yang bisa menghiasi kebun kita, dan meja makan kita t tentunya. Mungkin saatnya bagi kita untuk menanam buah lokal dan mengkonsumsinya, sebagai suatu ruang ikhtiar untuk mengurangi konsumsi buah import yang semakin membanjiri pasar kita.

Saya mulai menanam buah lokal, apakah Anda juga sudah menanamnya? Kalau belum mari kita mulai.

Salam buah lokal,

Sleman 6 Syawal 1432 H

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

