Lebaran dan Mercon

September 1, 2011 at 4:22 pm | Posted in TOMoGrafi | Leave a comment

Lebaran dan Mercon

Selain mudik dan ketupat opor ayam, hal lain yang mungkin identik dengan lebaran adalah mercon atau long. Saat ini, di ndesa saya yang sebagian besar mengikuti pemerintah dalam berlebaran, datangnya satu syawal disambut dengan suara mercon bersahut-sahutan yang berpadu dengan suara takbir dari masjid. Apakah di tempat Anda juga masih ada yang menyalakan mercon?

Saya sendiri tidak tahu sejak kapan budaya menyalakan mercon ini, dan apa kaitannya dengan lebaran. Sekedar pemberitahuan, aktualisasi atau pemborosan, entahlah. Yang jelas sejak saya menikah 8 lebaran yang lalu, saya jarang melewatkan malam lebaran di sini, karena Afa selalu ketakutan dengan ledakan mercon. Adakah yang tahu asal muasal mercon menjelang lebaran?

Sumber: http://www.wallcoo.net/

Ketika saya kecil, di rumah masa kecil saya yang sudah rata dengan tanah, kami hanya mengenal sedikit jenis mercon. Yang paling kecil mercon rawit, mercon bantingan, dan long sos dor, itu saja ditambah dengan mercon bumbung yang terbuat dari bambu dan menggunakan minyak tanah atau kadang-kadang karbit. Di antara mercon-mercon jadul itu, mercon bumbung yang paling legendaris, karena bisa dibuat sendiri, bisa dipakai berkali-kali dan murah tentu saja. Di samping itu memiliki reputasi yang panjang dalam membakar alis para pemakainya.

Ternyata, mercon-mercon yang saya kenal dulu menjadi too yesterday dibandingkan mercon-mercon saat ini. Dan hebatnya lagi, mercon ini tetap eksis menghias malam menjelang lebaran meskipun pemerintah sudah mengeluarkan larangan pembuatan mercon dan melakukan operasi penyitaan. Ya mungkin sudah ditakdirkan lebaran tanpa mercon ndak bakal asyik, sehingga eksistensi ercon masih tetap terjaga.

O, iya, apakah Mas dan mBak mempunyai pengalaman menyalakan mercon di hari lebaran? Kalau pernah apa motifnya dulu, kalau belum kenapa?

Selamat lebaran, salam mercon!

Sleman, 2 Syawal 1432 H

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: