Rumah beratap emas mBak Arum

August 15, 2011 at 9:40 pm | Posted in TOMoGrafi | 94 Comments
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,

Rumah beratap emas mBak Arum

Beberapa waktu yang lalu, ketika di milis alumniugm@googlegroups.com  ramai dengan diskusi emas, ada cerita yang menarik hatiku, sayang karena kesibukan tidak bisa ikut nimbrung. Cerita itu adalah kisah mBak Arum yang menggunakan simpanan emasnya untuk membangun atap rumahnya. Sebuah gagasan yang brilliant, karena mungkin kalau ditabung dalam bentuk uang tidak bisa mengejar kenaikan harga bahan bangunan.

Kisah mBak Arum, mengingatkan pengalamanku di bus IDBS dari Duri ke Rumbai. Saya duduk di saamping Bapak-bapak yang sudah pensiun dari kantor tempatku bekerja. Dia bercerita kalau anak-anaknya bersekolah di USA, dengam tabungan dia. Caranya, setiap ada uang, dia belikan emas dan dikumpulkan, ketika sudah banyak emasnya dijual untuk dibelikan tanah. Nah masing-masing anaknya diberi tanah ini yang dijual untuk biaya sekolah di USA.

Saya pun, sebenarnya punya angan-angan untuk melakukan seperti itu. Saya mulai membeli emas kecil2an, 10 gr, 50 gr dsbnya dengan harapan suatu saat bisa membeli tanah. Untungnya, belum banyak emas yang saya kumpulkan, ada teman Eyangnya Afa yang menjual tanah, ukurannya cukup bagus, di pinggir jalan aspal dan yang paling penting harganya murah. Jadilah emas saya dijual 2 tahun lalu, dan kekurangannya pinjam bank. Sekarang, saya mulai lagi mengumpulkan emas, mudah2an bisa digunakan untuk membangun rumah, atau membeli tanah lagi. Wish me luck.

94 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Sukses mas Komo Sulastama Raharja🙂 saya tuh bukan penyimpan emas, dan bukan investor emas. Kalo soal kenaikan harga itu relatif konstan menurut saya seiring inflasi🙂

    • Mas Anam M. Alhabsyi | punya grafik kenaikan harga emas dalam 10 tahun terakhir?

      • grafik bisa liat di kitco.com Mas…

      • ya selain kitco.com bisa jg cek http://goldprice.org/

  2. Kalo saya lebih senang langsung invest property. Invest disini tidak selalu harus beli putus. Bisa dgn cara kerjasama dan dioptimalkan atau istilahnya “highest and best use”.
    Dengan invest dibidang property yang bersifat tangible aset maka lebih mudah dalam pengelolaannya. Lagipula setiap & semua orang membutuhkan property (baik itu tanah/bangunan).

  3. harga emas yang melambung itu dugaan saya akan menyeret harga2 barang naik, setidaknya setelah lebaran ini

    • mas komo, kalo membaca thread anda ujung2nya yah property/rumah. Jadi dibuat simple aja kalo mau ke bunderan HI dari Blok-M, yah gak perlu muter ke rawamangun apalagi ke bekasi. lha lewat Sisingamangaraja-senayan+Sudirman lurus aja sampai koq…

  4. Saya juga belajar nyimpen lm,karena ndak pernah bisa nyelengi duit…bablas terus…hiks…biarpun saat butuh ada yang terpaksa ‘sekolah’ di bank tapi lancar…beberapa saat bisa pulang dengan selamat🙂 berbeda kalau saya ambil tabungan dalam bentuk uang….bablasssss.aturan utama yang saya buat sendiri:dilarang menjual emas!

    • tapi memang kalo yang ingin mempunyai simpanan yang mudah dijual beli yah emas itu. jadi bila kepepet BU, bisa langsung dijual simpanan emas itu. Bandingkan bila ingin jual property berapa lama waktu yang dibutuhkan utk transaksi jual beli tsb?

      • mungkin karena cara berpikir saja sih kalo saya. Saya berpikir bahwa emas adalah “uang” dan investasi adalah “produksi/jasa” bukan “ditanam/disimpan/dikubur” yang saya sering katakan “frozen gold”, seperti hantu pocong

        Akan tetapi terkait ide di atas, ya bagus2 saja. Apalagi yang punya perencanaan pembangunan rumah berpola tumbuh. Sehingga emas memang digunakan sebagai “uang” yaitu membeli sesuatu, sifatnya sebagai lindung nilai hanya sementara sampai ia dimanfaatkan untuk membeli

        Nah kalo maksudnya investasi “antara properti dan emas” ya menurut saya sih sama saja, bagus properti memang, tapi risikonya juga lebih besar.

      • Wah, saya masih tahap belum bisa beli emas.😀 Kalau mau investasi jangka panjang, saham juga bagus sih.

      • 15 tahun saya kerja ikut perusahaan sana sini, tapi satupun property gak bisa kebeli. karena memang pada dasarnya seluruh perusahaan tidak ada kepikiran utk mensejahterakan staf/karyawannya. mereka slalu mengedepankan profit & gengsi perusahaan. dan Share pengalaman saja, sejak 4 thn lalu saya berusaha mandiri dgn sedikit sisa tabungan membuka usaha dibidang yg telah lama saya tekuni yaitu teknik sipil. Alhamdulillah sdh 3 property yg saya miliki. malahan sejak awal 2011 ini saya tekuni property ini hingga skr mempunyai 50an property yang tersebar di JADETABEK yang siap launching (simplenya usaha tambahanku sebagai property development)

      • Iya, Pak Dhim’s Rudy. Kelemahan utama orang investasi saham itu di psikologis. Kebanyakan gak bisa lihat investasi dengan pergerakan harga yang begitu besar. Maunya untung cepat, jual-beli sahamnya cenderung aktif sekali. Akhirnya malah rugi atau dapat untung standar saja.

      • saya juga sejak 2006 lalu slalu diajak invest/main saham… yah minimal yg bluechip dulu… tapi krn memang tidak minat & feeling tebak2annya gak jago.. yah dapat peluang sell atau istilahnya profit taking langsung jual blass…

  5. Jangan lupa bayar zakatnya ya ndoro2 juagan….

  6. mba Arie Rahayu, utk investasi saham. krn investasi ini bersifat Intangible, sebaiknya dipahami dahulu aturan & syarat2 dasarnya. jgn tergiur untungnya saja.

    karena prinsip investasi high return high risk… low return low risk.

    • Wah, makasih Pak Anam M. Alhabsyi videonya.

  7. belajar dari krisis 1997-2000, kebetulan dulu jd property analis & advisor. utk property di 2011-2012 prospeknya sangat cerah. rata2 ROI property di 25-30%/years

  8. Berinvestasi mestinya dilihat juga kapan ‘masuk’ dan ‘keluar’nya (atau saat beli dan jualnya).

    Lima tahun terakhir, return emas memang luar biasa, sekitar 200% (600 s.d. 1800 USD/ TO), bandingkan dengan return IHSG (benchmark reksadana saham) yang ‘hanya’ sekitar 177% (1437 s.d. 3980).

    Sepuluh tahun terakhir, return emas sekitar 500% (300 s.d. 1800 USD/ TO), sementara return IHSG sekitar 804% (440 s.d. 3980

    • Mas, gimana caranya invest di emas yg kita bisa ambil untungnya rutin tiap bulan. Butuh bayar SPP dan kos. Uedan, SPP kuliah meski di negri jutaan, jaman saya 200an rb, kos nyantri di Krapyak, tetanggaan sama mertua Anas Urbaningrum.

  9. bbrp kali baca pakar saham/keuangan,emas adl investasi (harus) jangka panjang yg aman (dibanding saham) dan menguntungkan (dibanding tabungan dlm bentuk uang di bank),serta mudah diuangkan jk sewaktu2 butuh..
    Saya jg pernah diceritani bapak2 sdh 12 thn lalu,beliau jg tiap dpt uang 2jt ditabung dlm bentuk emas,bgitu jg seseorang di femina tiap anaknya ultah hadiahnya emas 20-50g..saat anak2 kuliah (jd sdh diatas 15 th) nilai jualnya sdh sangat menguntungkan..
    Kalau menyimpan koin/batangan/perhiasan (tp hrs yg model sederhana/klasik agar tdk jatuh krn biaya pembuatannya) emas perlu memakai jasa penyimpanan bank,jgn dirumah🙂

  10. emas & property sifatnya sama, sebagai wealth protecting asset; tapi likuiditasnya jauh berbeda, kecuali memang menguasai betul soal properti. Saham itu bisa jadi wealth producing asset, juga hanya kalau tahu betul mana yg harus dibeli mana yg harus dilepas.
    Nyimpan emas bisa dapat untungnya rutin tiap bulan ya cuma via Qirad yg saya tahu, ada bagi hasilnya.

  11. Emas sbg investasi memang menguntungkan dan nilainya memiliki trend peningkatan dlm jangka panjang.. Kondisi terkini kenaikan harga emas ini diperparah dgn investor yg latah membidik emas sbg sarana investas sehingga meningkatkan demand.. Kalau mau investasi di emas, memang sebaiknya menggunakan idle cash biarpun likuiditas komoditas ini relatif tinggi, karena investasi jenis ini memberikan peluang return terbaik dlm jangka panjang.. Kalau cuman dalam jangka pendek (harian atau mingguan), pernah kok emas mengalami penurunan, belum lagi kalo hasil investasinya dikurangi dgn biaya simpan (safe deposit di bank,dll) dan biaya pembuatan (kalo batangan paling dikurangi sekitar 10 ribu/ batang, serta harga jual dan beli yg berbeda di waktu yang sama.. Sehingga kalo mau investasi emas dlm jangka pendek ya harus dipertimbangkan return bersih (pendapatan setelah dikurangi semua biaya). Yang patut diperhitungkan soal emas ini memang masalah keamanan penyimpanan, kalo gak aman.. wuuush.. ilang deh semua.. hehe..
    Emas ini digemari sbg sarana investasi krn tingkat kepastian memberikan return positif yg tinggi, dgn return yg relatif tinggi juga dan mengikuti standar internasional (artinya tidak terpengaruh oleh kondisi pasar lokal).
    Sebenarnya ada varian lain dari investasi emas selain emas batangan.. misalnya dgn membeli reksadana emas atau saham perusahaan pertambangan emas (ini sebenarnya cukup menggiurkan, krn kenaikan harga emas tentu diiringi dgn kenaikan laba perush pertambangan emas yg lebih tinggi), ada juga reksadana mas, bbrp perusahaan (kayak pegadaian) juga memberikan peluang investasi emas dgn dana yg lebih rendah krn menggunakan mekanisme cicilan

  12. O ya,setau sy,orang jawa kalau meminjam ‘uang’ memakai ukuran emas.misal pinjam emas 30g. Kembalinya ya sgitu,dg kadar sm,seringkali tokonya jg sama (krn ada yg toko jual 24k,22k,20k). Buat yg minjamin, tdk merugikan. . Buat yg minjem,hrs tahu diri. . Seperti misal minjam thn 90an,emas msh 25rb/gr. . Lah hutang 30gr yg dikembalikan thn 2000 emas hrs dg harga emas yg sdh 200rb/gr

  13. ‎Denies Priantinah Senopranoto 3 jenis investasi emas yang menarik:

    1] beli fisik emas dan disimpan, menurutku bukan investasi. Tapi ok lah definisi umum menerimanya sbg investasi. Sepengetahuan saya volatilitas harga emas itu ya sama saja dg volatilitas komoditas, artinya “harga emas terhadap komoditas relatif tetap”. Jika ini benar maka sebetulnya ya “harga” emas itu tetap tidak naik dan tidak turun, atau sedikit saja turun-naiknya. Lalu? ya nilai rupiah/dollar anda lah yang goyang/jatuh. maka lebih tepat fisik emas sebagai lindung nilai (value protecting asset) saya tidak sebut wealth tapi value.

    Emas yang ditahan (disimpan) mestinya mempengaruhi harga emas pula. Berbeda jika emas itu tersirkulasi (pindah tangan). Namun pengalamannya emas tidak overvalued. Saya tidak bisa menjelaskan mengapa? http://muamallat.wordpress.com/2011/08/07/is-gold-overvalued/

    2] reksadana emas, lihat http://en.wikipedia.org/wiki/Gold_exchange-traded_product
    sebetulnya adalah “bubble” dari investasi emas

    3] beli saham tambang emas, harusnya masuk kategori investasi saham

    • mas Anam M. Alhabsyi– bagi sebagian masyakat kita, beli-simpan-jual emas memang hanya membidik selisih cash outflow (saat beli) dan cash inflow (saat menjual), investasi yg saya maksud disini memang investasi scr umum (yaitu menunda konsumsi atas sumber daya utk dimasukan dlm set produksi yang efisien, sehingga menghasilkan return positif). Kalo kita menyimpan emas, memang sebaiknya hasil investasi tersebut disesuaikan dgn nilai riil (memasukkan aspek laju inflasi, dll.. tapi kok ya ribet.. hehe..).. Nah, kalo laju kenaikan harga emas tetap lebih tinggi dibanding laju kenaikan harga komoditas yang lain, kita masih tetap bisa berharap emas itu memberikan kelebihan return investasi riil relatif terhadap komoditas yang lain.. Dan sebaliknya, ketika ada komoditas lain yang laju kenaikan nilai riil-nya lebih tinggi daripada emas, kenapa harus keukeuh investasi di emas? Kalo aku ngelihatnya lebih pada aspek perilaku investor emas (beli-simpan-jual), prosesnya relatif sederhana, mereka melihat asetnya scr riil (bandingkan dgn invest saham), dan kepastian kenaikan harga.. Thesis apakah emas itu overvalue memang patut kita beri concern mengingat permintaan akan produk ini sebagai investasi sangat pesat kenaikannya.. lha kalo overvalued (kemahalan) berarti nanti akan terjadi koreksi alias turun dong.. menilai apakah emas ini komoditas yg overvalued juga ribet, krn menilai intrinsic value-nya susah.. Walaupun aku menyimpan juga komoditas jenis ini, tapi kadang suka heran.. emas sbg logam mulia yg dipuja-puja nilainya kan sebatas persepsi yak, ya cuma sebentuk benda logam, atos berwarna kuning.. hehe…
      Yupe, reksadana emas memang berkembang sebagai dampak dari investasi emas.. dan membeli saham perusahaan tambang emas merupakan bentuk investasi saham.. namun pernah terjadi, ketika harga emas naik 10%, harga saham pertambangan emas ini mengalami kenaikan 20%.. jadi kalo kita sbg investor yang rasional, sebetulnya masih banyak alternatif investasi lain yg cukup menguntungkan selain investasi dlm emas batangan..

      • Investasi terbaik (saat ini) adalah [1] mulailah bercocok tanam, menanam padi, sayur dan buah. [2] tidak punya lahan yuk kita coba hidroponik agar kita bisa makan dari apa yang kita bisa tanam. [3] mencoba makan selain nasi sebagai makanan pokok; singkong, jagung, sagu, ubi, talas, kentang, gandum, dll. [4] belajar mungkultivasi diri dengan puasa dan survival.

  14. mas Sulastama Raharja,..saya punya penagalam meanbung 1000 rupiah sehari hanya sekedar melatih kesabaran aja,..setahun sudah pasti dapat 365 rb,..saya amplopin dan tidak dibuka2,..tahun berikutnya saya nabung 2000 rupiah sehari setelah akhir tahun saya buak dan digabung dg tabungan tahun lalu,..kemudian saya beli khan emas,..waktu itu dapat 10 gr,..setahun kemudia ditambah beberapa ampol honor2 kegiatan di kampus maka terbeli lha sebidang tanah di daerah serpong,..kalo ini namanya sama gak dengan menabung emas?he..he

  15. sektor riil, sektor riil, sektor riil… Setuju Mas…. ^__^
    Hanya buat saya yg masih sekolah dan jauh dari rumah, impian ini belum bisa dimulai… hehe… nabung emas dulu lah…

    • ‎Arifudin Achmad | ya, menurut saya kalau beli emas itu juga bukan investasi tapi nabung. kalau investasi emas ya musti buka toko emas.
      tapi kalau semua beli emas jangan2 nanti malah terjadi spekulasi

  16. Tahun 2007, RedBurn Partners menulis laporan Gold Reportnya dengan tajuk menarik “Gold is money and nothing else”. Mereka sudah memperkirakan harga emas > 1,500usd/oz
    Lihat laporannya di

    Masih tertarik emas? silakan…🙂

  17. mBak Rosmaria Sjafariah Widjajanti | kisahnya sangat menginspirasi, boleh saya share mBak?
    Mas Anam M. Alhabsyi , mBak Denies Priantinah Senopranoto dan semuanya, terima kasih atas pencerahannya, benar2 bermanfaat bagi saya, dan mudah2an bagi members lain juga…

  18. silahkan mas Sulastama Raharja

  19. Hehehehehe…makasih mas Komo. Agak mengurangi rasa sebelku atas ketololan diri sendiri.
    Bener juga yah…rumah saya beratap emas. Hehehehehe. Alasan sy menjual emas untuk mbangun gubuk itu semata-mata agar kami tidak perlu kredit bank banyak2. Ngeri lihat bunga KPR sekarang. Sisa yg ada kami kelola baik2 untuk masa depan anak-anak kami. Entah untuk apa besok. Ada saran mas Denny?

    Arum

    • Gak usah terlalu menyesali Mba Arum. Kalo uangnya digunakan untuk yg lain emang rugi. Tapi kalo dituker ke Properti sama sekali gak rugi. Properti salah satu instrumen investasi jangka panjang yg bagus. Rata2 harga properti akan naik 2x lipat dari harga awal setelah 6 tahun. Oke..

      Denny mana ya.. Kuliah emasnya kemaren blom selesai.. Denny purwo sembodo, ayo kuliah emasnya lanjutin disini den..

      Salam

      Milona

      • Tuhkan mbak arum,bener toh,rumah beratap emas.
        Btw,kalau jangka pendek,emas itu msh ok gak sbg pengganti tabungan????

        imtiyaz (iim atau tiyaz aja)
        TPHP 02

  20. Sobats,

    saya sedang menikmati hujan rintik2 di banda aceh, sambil membayangkan suasana 15 agustus, 6 tahun yg lalu di kota helsinki.
    Dan juga membayangkan suasana kota banda aceh yg masih porak poranda, namun diliputi suasana tegang menyaksikan hamid awalludin dan perdana menteri GAM, malik mahmud menandatangani kesepakatan damai, yg di aceh di kenal dengan nama MOU Helsinki.
    Kebetulan pas tanggal itu saya sedang di banda aceh sebagai pekerja tsunami.

    Ok, kita tinggalkan sejenak peristiwa bersejarah bagi saya, dan seluruh aneuk nanggroe tersebut, kita masuk lorong “emas”.
    Bagi yg emasnya sudah jadi genteng, sudah terhibur oleh pendapat mas komo bahwa property adalah investasi jangka panjang. Meskipun, saya akan tetap menggodanya “mbak arum, emang kalo harga rumahnya udah naik 200 persen, mau di jual ya?” Feelingku mengatakan, bahwa mbak arum akan menjawab “hhhhhm, enggak sich, mas. Ini kan rumah kesayangku. Rumah dimana saya menemukan segala rasa yg berasal dari cinta.”

    buat migit, yg pengen bgt dibau-bau-in emas 1 kg ketika lgi semaput. Untuk sementara bisa di ganti dengan di bau-bau-in dulu dengan batu bata yg beratnya 1 kg juga.

    inti-ne aku iki meh ngomong opo tho? Bingung dewe.com

    Salam,
    Deny

    • Den… Nek bingung ojo bunuh diri….
      Aku malah ngelu dengan kuliahmu… Hahaha soale sing nggo blonjo emas ga ngumpul2. Piye nek aku digolekne juragan emas aja.. Jadi aku tinggal trima bersihnya aja…
      Hahaha
      Aku sih masih tergoda buat jalan jalan mo mengunjungi uni milo….
      Aku masih mikir emas ga dibawa mati… Hihihi ( alasan aja karena ga ada duit )

      Uni milo : semangat semangat…. Kamu aja na yang bikin kebun emas ntar akunikut panen

      Destina

      • Wah.. Sekarang berkebun yg lain aja dez, yg menghasilkan. “MAS”. Abis itu menyusul tumbuh Emas.. Hahahaha..

        @Denny: bukan buat dijual Den, yg jelas rumah (properti) itu kan aset yg nilainya selalu naik.

        Salam Mas

        Milona

    • Kejem tenan mas denny ki…kalo di bau bau in nya sama batu bata 1 kg,aku bisa gak bangun dari pingsan :p
      Pokmen aku pengen diambu emas 1 kg…

      Salam,
      Umi gita

  21. Sama kok mbak arum, saya juga tabungan emas buat bangun rumah, karena KPR buat saya sangat mencekik🙂 sedikit menyesal setelah tau kalau emas bisa di gadaikan & dijadikan barang jaminan🙂 tapi ya sekarang masih coba ngumpulin lagi dengan nyicil sedikit-sedikit🙂

    Semoga bisa lebih bijak lagi masalah berinvestasi ini🙂

    Yunus Tohir
    (YunTo)

    • Mas yunus, japri Mas Denny aja.
      Skema emas nya komplit.
      Mau MLM, cicil pake kartu kredit, beli gadai…wis jan..kyk supermarket (mas denny aku udh marketing-in nih).

      Mnrt saya, duit yg dialokasikan utk KPR tiap bulan dibelikan emas aja (dgn berbagai skema td, pilih yg sreg). Pake target, mis 5 thn ke depan bs dpt sekitar sekian % utk byr rmh.
      Jd kl terpenuhi target bs lgsg diuangkan (mau dijual atau gadai lg).

      Kl mencicil gram tiap bln, sptnya repot ngejarnya krn harga kalo naik ngga bs direm. Kl akad skrg kan, bs dpt harga sekarang.

      Regards
      Lestari

      • Ok mbak, thanks ya.. Aku japri ya mas deny🙂

        Yunus Tohir
        (YunTo)

      • Aku juga mau japri ahh…
        kayaknya sangat menarik

  22. Mas Deny,
    property klo dibanding emas bagus mana buat invest?
    saya invest di property dalam bentuk rumah yg khusus buat disewakan (rumah buat tempat tinggal ada sendiri). kira2 lbh bagus dijual trus dibelikan emas atau tetep rumah?
    Trimksh banyak atas masukannya.

    Regards,
    Aminulloh.

    • Mas aminulloh,

      Jgn dijual,mas. Investasi property justru yg plg diminati.
      Kl mnrt sy, hasil uang sewa nya yg dipake buat beli emas
      Mantep toh..property tetap sambil berkebun emas pula..:-)

      Regards
      Lestari

  23. BTW saya tertarik dengan diskusi ini, tapi tempo hari ga sempat nyimak….
    BTW kalo beli emas baiknya dalam bentuk apa? sempat saya lihat beberapa produk di logammulia.com, ada beberapa jenis produk yg ditawarkan…baiknya yg mana?

    Anyway sepakat dengan mbak lestari….tapi kalo kita masih tahap pemula, tentunya masih berat mbak, yg dipikirkan dulu pasti rumah

  24. Ikutan japri ah….hehehe..klo banyak yg mau tau, gak usah japri kali Mas Deny…. Soal hukumnya kan sdh pernah dibahas.

    Jadi, pilihan skema2nya yg bisa jadi pertimbangan.

    Salam,

    Andi Rahmah

  25. edikit sharing…
    Mungkin niatlah yang utama?, he he… saya mulai membeli LM tahun 1997, saat itu rumah masih ngontrak… beli sedikit2 (karena berkantor di pasar baru, sering ngobrol dengan yang punya toko emas, ini salah satu keuntungan punya banyak teman he he).
    Saya beli berdasarkan kondisi keuangan saat itu, dan tidak terpaku dengan LM dr antam , malah pernah dapat coin LM dari swiss, dalam ukuran 1 troy ounce.
    satu yang saya syukuri.. saat beli rumah, saya tidak perlu menjual tabungan LM saya, karena di saat krisis sedang berat2nya… rumah setengah jadi di depan kontrakan saya , dilego dengan harga lumayan murah oleh developernya (Kebetulan lagi: bisnis distribusi Viagra asli USA saya sedang booming)…. jadi saya bisa punya rumah sendiri dengan tanpa meminjam dari bank (thanks to Pfizer)… setelah rumah saya jadi, ekonomi membaik… developer malah balik mau beli rumah itu, he ehe…

    irvan

  26. Iya, nggak usah japri saja..
    Saya juga mau lihat soalnya🙂

    Regards,
    Albert

  27. Mas Aminulloh,

    Aku urun saran yaa.
    Semua instrumen investasi itu ada manfaat dan resiko yang berbeda.
    Seringkali, orang yg memiliki rumah yg dikontrakkan gak menghitung beberapa hal:
    – biaya investasi
    – biaya perawatan kecil dan besar
    – biaya depresiasi (karena struktur rumah pada usia tertentu, tergantung kualitas bangunan).
    – Future Value dan Present value.

    Faktor2 ini yg mendasari besarnya harga kontrakan. Umumnya yg tejadi saat ini hanya berdasar harga pasar.

    Di lingkungan tempat saya tinggal, rumah dgn luas 100 m2, tahun lalu harga kontraknya 25 jt/thn. Tahun ini kemungkinan naiknya 10%. Yg punya rumah ringan aja pas ditanya alasan kenaikan: supaya gak rugi karena inflasi🙂.

    Salam,

    Andi Rahmah

  28. Beberapa waktu yang lalu, ketika di milis alumniugm@googlegroups.com ramai dengan diskusi emas, ada cerita yang menarik hatiku, sayang karena kesibukan tidak bisa ikut nimbrung. Cerita itu adalah kisah mBak Arum yang menggunakan simpanan emasnya untuk membangun atap rumahnya. Sebuah gagasan yang brilliant, karena mungkin kalau ditabung dalam bentuk uang tidak bisa mengejar kenaikan harga bahan bangunan.

    Kisah mBak Arum, mengingatkan pengalamanku di bus IDBS dari Duri ke Rumbai. Saya duduk di saamping Bapak-bapak yang sudah pensiun dari kantor tempatku bekerja. Dia bercerita kalau anak-anaknya bersekolah di USA, dengam tabungan dia. Caranya, setiap ada uang, dia belikan emas dan dikumpulkan, ketika sudah banyak emasnya dijual untuk dibelikan tanah. Nah masing-masing anaknya diberi tanah ini yang dijual untuk biaya sekolah di USA.

    Saya pun, sebenarnya punya angan-angan untuk melakukan seperti itu. Saya mulai membeli emas kecil2an, 10 gr, 50 gr dsbnya dengan harapan suatu saat bisa membeli tanah. Untungnya, belum banyak emas yang saya kumpulkan, ada teman Eyangnya Afa yang menjual tanah, ukurannya cukup bagus, di pinggir jalan aspal dan yang paling penting harganya murah. Jadilah emas saya dijual 2 tahun lalu, dan kekurangannya pinjam bank. Sekarang, saya mulai lagi mengumpulkan emas, mudah2an bisa digunakan untuk membangun rumah, atau membeli tanah lagi. Wish me luck.

    Bagaimana dengan pengalaman Anda?

    Note: kompilasi diskusi mengenai emas di milis alumniugm@googlegroups.com bisa diunduh di http://kagamavirtual.files.wordpress.com/2011/08/diskusi-emas-kagama-virtual.pdf

  29. Sobats,

    Mbak ayi iki juga punya banyak portofolio investasi lhooo, mulai sektor riil sampai juga yg gold based. Japri juga ke mbak ayi juga. He he he

    Kalo saya, masih banyak di tataran belajar. belajar dan praktek gold financial planning-nya belum lama. Lebih lama ngutek2 keuangan negara dan keuangan daerah.
    Jadi, mohon maas sakdurunge nek durung top markotop lho.

    Mbak ayi, gimana cerita kopdar ttg reksadana-nya? Layak untuk di ikuti?

    Salam,

    Deny

    • Qiqiqiqiqiq…amin..amin..amin..
      Mksd saya, kl mas denny rajin banget ngitung skema, modal-return-biaya titip-gadai-dsb
      Kl saya kan ngga serajin itu :-)))

      Kesimpulan kopdar : beli reksadana, mumpung pasar lg nyungsep. Kl utk investasi, cari saham second liner, lbh gampang rebound kl nyungsep..:-)))

      Regards
      Lestari

      • Mbak ayi,

        Namanya juga konsultan keuangan daerah. Kakehan ngitung2kan duitnya pemda. He3.
        Dan kakehan ngitung2kan skema investasinya teman. He3.

        Kalo untuk diri sendiri? Waduh, level konsep dan teori sing isih dominan. Masih jauh api dari panggang-nya.

        Mbak, suwun ya sudah di informasikan ke kwn2, saiki dadi akeh sing japriiiiiii. He3

        Iso2 saya pindah haluan iki, soko membantu pemda2, dadi membantu kawan2.

        Salam,
        Deny

  30. Hehehehehe…ga pa pa toh..berbagi ilmu.
    Kmrn di SSR jg pengennya ta’ sebut nama mas deny as recommende person to consult gold lho..tp nnt dl deh..di sana kan bnyk kakap..
    Di kagama aja dl, kan bnyk temen seperjuangan toh…:-)))

    Regards
    Lestari

  31. alhamdulillah mas..
    ngumpulin dikit2 buat naek haji ortu😉
    nilai inflasi smakin aje gile, kalo diitung ONH justru makin murah kalo dinilai pake emas ;p

    seno ’00

  32. Trimksh banyak atas sarannya mbak andi dan mbak lestari.

    nanya lagi buat yg sering jual/beli emas
    klo logam mulia itu klo jual/beli yg dipake berat(gram) yg ada di sertifikatnya atau berat fisiknya?
    soale kmrn (habis terprovokasi mas deny :D) beli lewat toko emas kondisinya ujungnya agak tergores/penyok dikit.
    pas yg mbelikn istri jadi langsung diambil aja gak ditimbang ulang.
    Trmksh.

    Regards,
    Aminulloh

    • Mas Aminullah,

      Kalau emas itu yang di beli oleh orang ya, emas-nya, bukan sertifikat-nya. Saran kecil, kalo sudah punya emas, jangan sampai di jual. Kalau butuh duit, digadaikan saja. Prinsip para pecinta emas, jangan sampai emas kita jatuh ke tangan orang lain (kalo jatuh ke tangan istri masih boleh). he he he

      salam,

      Deny

  33. Sobat-sobat Kagama-ers (khusus-nya pecinta emas),

    Sebelum saya bercerita panjang kali lebar bahkan kali tinggi (volume kali yeeee), berikut ini sumber informasi yang selalu saya intip.

    1. Kalau pengen liat pergerakan harga emas (dunia) dan jelas mempengaruhi kebijakan PT Antam (Logam Mulia) menetapkan kebijakan harga, silakah liat dan baca di http://www.kitco.com di kitco inilah saya banyak belajar tentang emas (baik sebagai pengamat, penasehat keuangan, sebagai trader, maupun sebagai investor).

    2. Selalu liat juga situs-nya logam mulia http://logammulia.com/gold-bar-id.php. Enggak perlu di pantengin sehari semalam. cukup liat pagi hari (tentu jangan melupakan pekerjaan utama), terus liat sekitar jam 11-an (jam ini adalah jam penentuan harga), dan sekitar jam 14.00 (biasanya koreksi harga dilakukan, tergantung situasi pasar global)

    3. Bagi yang pengen punya dinar, bisa ngecek harga di http://www.geraidinar.com atau di dinarfirst.org atau juga juga di wakalanusantara.com

    Ngomong2, iki mbak arum-e endi kok ora ngasih tanggapan, padahal iki topik-e Rumah beratap emas lho. Kalau rumah saya masih beratapkan genting. he he he

    salam

    Deny

  34. Trimksh banyak atas info & sarannya Mas Deny.
    Emas emang harus disimpen bukan dijatuh2in, penyok malah hehehe

  35. Mas Aminullah,

    Bbrp waktu lalu sy jg pernah ditawarin emas lantakan 24 karat (katanya) sih kadarnya 99.99% tp tanpa sertifikat dan dibodi emasnya tidak ada marking/hard stamp apapun, ditempat agen resmi antam jg.

    Saya tanya ternyata harganya hanya selisih 2rb rupiah lebih murah per gram dari yg ada sertifikat resmi antamnya.

    Kalo bagi sy pribadi sih mending kita beli selisih 2rb rupiah lebih mahal tp dapat jaminan sertifikat resmi. Karena wajar yg namanya sertiifkat apalagi dikeluarkan oleh Lembaga Internasional jelas memerlukan tambahan biaya.

    Tapi sekali lg ini hanya opini pribadi ya, bagi yg tidak memerlukan sertifikat ya produk bodong td bisa jd alternatif.

    rgds,
    danar

    • Iya trimksh banyak Mas Danar.
      Bagi saya yg masih awam banget tentang peremasan, sertifikat masih menjadi sesuatu yg penting/utama.

    • Tambahan ya, pak aminulloh. Para investor emas pny keyakinan gini : emas ngga akan bikin kita kaya, tp kita akan tetap kaya dgn menyimpan emas :-)))

      Regards
      Lestari

  36. Mas Deny,

    Emas yg disimpan, kalau sampai pada nisabnya harus dikeluarkan zakatnya sebesar 2.5% setiap tahun dari nilai yg berlaku saat itu.

    Pertanyaan saya, pada titik di mana akan menguntungkan utk menjual emas?

    Saya sudah menjual semua emas yg saya miliki dan dibelikan sesuatu yg bisa dinikmati keluarga saya.

    Sederhana saja, kalau saya bertahan tidak menjualnya..trus keburu mati.. Wah, gak sempat merasakan manfaat memiliki emas, selain memandangi dan menghitung2 kekayaan di atas kertas (koqjadiingatpamangober)

    Salam,

    Andi Rahmah

    • Dear Mbak Andi,

      1. Kalau zakat emas, kalo enggak salah ingat 85 gram, disimpan selama 1 tahun, maka zakatnya 2,5% ini bagi teman-teman yang menyimpan lho ya. ayo..ayo bayar zakat. Tapi kalaupun bayar diatas 2,5% juga sangat boleh, semakin banyak sedekah, rejeki melimpah. Aamiin.

      2. Mbak Andi, kapan jual? ketika harga jual kita kepada toko emas, sudah diatas harga beli kita, meskipun ini bukan kebiasaan saya. Kebiasaan saya, kalo butuh sesuatu yang bisa dinikmati bersama-sama keluarga. Contoh: pengen jalan-jalan ke bali, dengan iklas dinar-dinar saya saya gadaikan ke bank syariah. atau saya pengen, membangun atap rumah saya (ngodain mbak arum), saya gadaikan emas-emas saya ke bank syariah.
      jadi, saya belum punya pengalaman menjual emas (maklum, mbak. emasku masih dikit. yang beratnya diatas 50 kg baru e-mas deny purwo sambodo, he he he he)

      3. Saya sudah menjadikan emas, sebagai instrumen untuk perencanaan keuangan saya, termasuk perencanaan pensiun (insya Allah haji, saya menggunakan skema emas sebagai instrumen-nya).

      smoga bermanfaat,

      Deny

      • Jelas sekarang Mas Deny, saya tertarik dgn dinar. Nanti mau janjian kursus singkat sama Mas Anam di Yogya🙂

        Terima kasih ya

        Salam,

        Andi Rahmah

  37. Mbak Andi,

    kalo saya juga tertarik jadi agent asuransi juga. he he he he (pengen dapat ilmu-nya mbak Andi). he he he

    salam,

    Deny

  38. Minggu kemaren kebetulan saya ikutan kajian minggu pagi di Masjid Pondok Indah, ust-nya Pak Adiwarman Karim..

    Salah satu topic yang dibahas tentang zakat…

    Sependek ingatan saya…, Untuk emas yang kena zakat (2.5%) hanya emas dengan nisab 85gr dan disimpan selama 1 tahun, tapi ada persyaratan lain, bahwa emas itu benar2 disimpan selama 1 tahun…, Kalau misalnya emas berupa perhiasan yg kita pakai, jadi ga kena zakat ini…

    Kebetulan kemaren2 di milis ini juga mbahas perbandingan invest emas dan invest property (tanah).., Klo emas dengan konndisi seperti diatas dikenakan zakat 2.5%, beda hal dengan tanah. Jika kita punya tanah yang selama 1 tahun itu sama sekali tidak pernah digunakan, hanya dipagari saja.., zakatnya 20%… hee.. he.., bisa jual mobil tu hanya buat bayar zakat aja… J

    Ibum

    • Zakat emas 88.8 gram nisabnya🙂

      anam

      • Dihitung harga beli atau harga pas jatuh nisab?

        Regards
        Lestari

      • Zakat maal ‎​itΰ ukurannya mitsqal. Mitsqal ‎​itΰ ukuran berat emas bukan harga emas. 1 mitsqal ‎​itΰ ikhtilaf antar para ulama ketika di gramkan, yaitu antara 4.25-4.8 gr. Mengapa? Krn dalilnya didasarkan pada qirat (21+3/7) dan biji gandum barley (habbat syair 72) atau nakhuds (persia, 24) dan tidak ada yang betul2 meneliti beratnya.

        Tim IMN meneliti dg menghitung standar unit, menimbang biji, meneliti mitsqal kuno, kesimpulannya 4.44… Gram. Otomatis nisab zakat = 4.44 x 20 yaitu 88.8 gram

  39. Ikutan nanya dong. Kalau kita beli di toko emas, gimana caranya biar tahu kalau emas atau sertifikat itu asli dari antam?

    Salam,
    Ade

    • Dear Mas Ade,

      ada di kota mana? jakarta? kalo di jakarta, salah satu toko emas yang bisa dipercaya bahwa emas itu cetakan Antam adalah toko emas ibukota (Pasar Cikini). Kalau ciri fisik, bentuk cetakknya bagus, ada nomor seri-nya ada logo LM-nya dan kertas kecil yang disebut sertifikat.

      Kedua, toko emas yang jual emas cetakan antam, mereka itu bukan beli ke antam, mereka itu membawa emas mentah minta di murnikan dan di cetak ke antam. makanya harga jual mereka selisih dikit (rata-rata lebih murah) dibanding harga publikasi-nya antam.

      Smoga bermanfaat

      Deny

      • Terima kasih jawabannya mas. Saya di Batam. Lagi cari-cari toko emas yang tepercaya nih.

        Salam,
        Ade

  40. Mas Deny kalo di surabaya dimana ya?

    • Mas Yayan,

      Sebenarnya PT Antam punya cabang ning suroboyo. Tapi, arek-e wis ora buka maneh, kayaknya (lagi renovasi prabrik-e kali yoooo). Paling gampang tanya mas danar, mas danar sudah numpuk emas berkilo2 dan beli-nya banyak di surabaya. Kalau mau, beli di http://www.emas24karat.com (saya pernah beli juga disini, tapi masih saya dititipkan disini, jadi saya belum tau total kalo minta dikirim habis berapa).

      Mas Danar,
      tolong bantu mas yayan yaaaa

      Mbak Desti,
      tolong bantu mas yayan ya.

      salam,

      Deny

      • Horrreeeeeee… Dhe yayan mo kasih angpaw lebaran emas batangan..
        Hayo dez.. Dibantu.. Hiiii

        Salam

        Milona

  41. Akhir maret saya dibeli di Antam surabaya. Kantornya di genteng kali . No. Telp. Nya 031 5491723 atau 031 5491868. Kalau mau beli harus telpon dulu… Karena kalau ndak janji petugas bilang kalau barng lg kosong) ( tulisan barang kosong selalu sy jumpai kalau saya pas kesana) Mungkin dr sisi keamananan ya…krn security cuma satu.

  42. Wah itu udah deal kemaren sama aku…. Tapi pelajaran sambungane kok blum ada, trus apa yg mo dikirim … Heheheh eh iya ilustrasi kredit bank jatim blm akuminta je hehehe tadi dah tanya di kantor cabang yg punya soft copy di pusat….

    Destina

    • Des,

      Kalo kelas private per-emas-an, mau di terusin ya kontak ndisik. Saya kan kurang tau dengan kesibukanmu tho yooo.
      Tugas pertama, untuk minta simulasi pinnjaman ke bank jatim durung kamu laksanakan tho?
      Pelajaran kedua, membahas topik itu. Nek bahan-e ora ono terus piye?

      Gitu ya,

      Salam
      Deny

  43. Des,

    Kalau bisa nyari simulasi kredit-nya dua bank yang berbeda ya, dengan masa kredit ambil 10 tahun atau 15 tahun, dengan besar pembiayaan yang sama. nanti kita bandingkan mana yang paling menarik, kalo mau digunakan untuk investasi emas.

    salam,

    • Bank bri /bni paling lama kalo ga salah 5 tahun, bank jatim bisa 100 juta , 8 tahun suku bunga 11%. Ini info yg aku dapat siang tadi dr bank jatim

      Destina

      • Kalo bisa nyari yg 10 tahun, kalo 5 tahun pendek. Coba tanya ke mandiri, ambil kredit multiguna.

        Salam,
        Deny

  44. Kalau begitu 2.5% dari 88.8 gram dong, atau 2.2 gram emas per 88.8 gram. Kalau punya 88.8 kg emas, 2.2 kg nya harus dikeluarin buat bayar zakat… Begitu ya Mas Anam?

    Salam,

    Andi Rahma

    • Betul sekali mbak Andi Rahmah 2.22 gr emas yang harus dibayar.

      Jika punya 88.8kg ‎​itΰ banyak bener ya. Tapi kemungkinan orang punya 10 ozt atau 20 ozt atau 100 ozt. Intinya satuannya bukan gr atau kg tp ozt. Ngitungnya mudah krn nisab zakatnya adalah 20/7 ozt

      Satuan berat dinar dirham (bukan nilai tp berat)

      1 ozt = 7 dinar = 10 dirham

  45. Kalau di jogja, beli emas yg bagus dimana mas denny?

    Ronald

    • Mas ronald,

      Mau beli pake skema apa? Kalo skema biasa (beli-simpan) saran saya beli di toko emas gadjah sakti jl malioboro.

      Nanti kita kopdar ya, saya sampai yogya tgl 26 agustus.

      Salam,
      Deny

  46. Kalau Antam di Malang dimana ya?
    jadi tertarik investasi emas nih.

    Dian
    psikogama 84

  47. Pilihannya kalau tidak skema biasa, atau pakai skema beli gadai mas.

    Memang kebanyakan org juga bilang, gadjah sakti itu mmg toko mas paling terpercaya.

    Thx mas

    Ronald

    • Mas ronald,

      Kalo mau beli gadai, temuin pak bowo di BPD DIY syariah (pak heru juga boleh). Kalo Di BRIs temuin Mbak … (Lali jenenge, mbak-nya cantik kok). BRIs yg kotabaru sebekahnya kridosono ya.

      Kalo BSM juga boleh, yg di kampus UII cikditiro. Kalo BNIs cari mas ivon, di jl kusumanegara.

      Salam,
      Deny

  48. Apa gak semua bank syariah bisa beli gadai mas….kalau di yk harus ditempat itu…

    • Mbak mila,

      bank syariah dan pegadaian yg punya pelayanan gadai. Kalo yg saya sebutkan itu based pengalaman saya. Mau di tempat lain juga bisa. BRIs yg di gejayan juga bisa, mbak.

      Smoga bermanfaat.

      Deny


Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

