IPK itu tidak [hanya] penting, tapi…

April 15, 2011 at 11:26 am | Posted in TOMoGrafi | 2 Comments

Kemarin , saya menerima sms dan email yang isinya sama, berapa sebenarnya IPK minimum [indeks prestasi kumulatif] yang bisa mendaftar di tempat saya nyangkul. Karena beliau merasa putranya sudah memmiliki IPK yang tinggi dan lulusan unuiversitas terkemuka, namun belum dipanggil untuk seleksi di tempat saya nyangkul.

Hal ini sedikt berbeda dengan pengalaman yang saya alami, sekitar tahun 2005, saya mendaftar di tempat saya nyangkul ini pada saat2 terakhir. Waktu itu yang IPK minimum yang bisa mendaftar hanya 2,75, saya dengan transkrips berisi rantai kabron pun masih bisa mendaftar dan mengikuti proses seleksi, tahap demi tahap dan akhirnya menjadi bagian 1 diantara 68 orang diterima dari 25 ribuan pendaftar, bejo🙂. Sistem rekrutmen saat itu, semua pendaftar yang memenuhi batas minimum akan dipanggil untuk seleksi, dan sistem lolos tidak lolosnya berdasarkan hasil test di masing-masing tahapan. Bayngkan resources dan biaya yang diperlukan untuk mendapatkan 68 pekerja dengan menyeleksi 25 ribu pelamar?

Ternyata, seleksi pegawai yang saya ikuti, merpakan seleksi terakhir dengan sistem itu. tahun-tahun berikutnya, selain syarat IP dinaikkan seleksi juga dioutsourcekan ke pihak ketiga. Saya tidak tahu proses seleksinya seperti apa di pihak ketiga itu, yang saya rasakan adalah teman2 kerja yang baru masuk memiliki IPK yang sangat bagus, banyakan yang cumlaude malah. Apa yang terjadi? jamansudah berubah, ataukah tempat nyangkulku menjadi favorit bagi lulusan2 baru, atau mencari kerja semakin susah? Saya tidak tahu pasti.

Saya pun, kemudian mereka-reka versi saya, tingkat kebenarannya wallahu alam, prosesnya adalah sbb:
1. Para pencari kerja mendaftar kepada konsultan rekruitmen yang dipilih oleh perusahaan sesuai dengan syarat2 yang sudah ditentukan, secara online.
2. Konsultan rekruitmen memuat data base dari para pelamar berdasarkan data-data yang dikirimlkan oleh para pelamar, melakukan beberapa test untuk mengetahui kapasitas pelamar.
3. User, pengguna akhir melalui departemen HR, meminta kandidat untuk beberapa posisi yang diinginkan kepada konsultan rekruitmen
4. Konsultan rekruitmen memilih beberap orang kandidat dari pelamar yang ada di database, biasanya jumlahnya relatif tidak banyak, tapi saya sendiri tidak tahu berapa rasionya.. misalnya untuk satu posisi berapa orang kandidat. Di fase ini bisa jadi IPK menjadi salah satu faktor kunci pemilihan kandidat oleh konsultan rekruitmen.
5. User dan HR melakukan seleksi akhir terhadap kandidat yang dipilihkan oleh konsultan rekruitmen, dan apabila sesua kemudian mengirimkan offering.

Dari kedua proses di atas, tahapan yang dilalui oleh seorang pelamar kerja yang lolos sampai tahap akhir relatif sama, yang sedikit membedakan adalah kesempatan yang sama untuk diseleksi pada setiap tahap pada proses yang pertama tidak ada di proses yang kedua. Seberapa besar biaya yang dikeluarkan oleh konsultan rekruitmen misalnya, untuk melakukan seleksi terhadap puluhan ribu pelamar dengan melakukan psikotest, test aptitude dsb2nya, padahal yang akan dikirmkan ke user cuman 20-30 orang? Feeling saya kok IPK menjadi salah satu faktor penting dalam memilih atau pun mengeliminasi pelamar fresh graduate.

Bagaimana di perusahaan Anda sekarag? Apakah IPK menjadi salah satu kriteria untuk seleksi calon pegawai?
Dan bagaiman Anda bisa lolos dik tempat kerja sekarang?

2 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Hmm…IPK ya…di tempat kerja saya tidak perlu IPK tuh… cuman ya min S1 saja lah…kebetulan saya bekerja di outsourch (pihak ke 3) dalam hal interview pun saya tidak mematokkan IPK karena menurut pengalaman, individu yang bisa menganalisa sesuatu masalah dan memberikan apa tidakan yang harus diambil oleh individu tersebut menjadikan KUNCI dia dapat diterima bergabung atau tidak.

  2. Saya lulus IPK 2.2 tapi waktu sudah kerja terpaksa cari yang lebih bagus IPK-nya .. ha ha ha .. kasihan juga sih tapi gimana ya?


Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

