Laporan Pisowanan KAGAMA Virtual ke PP KAGAMA

March 14, 2011 at 4:53 pm | Posted in TOMoGrafi | Leave a comment

Laporan Pisowanan KAGAMA Virtual ke PP KAGAMA


[ Foto : Mas Unggul Adri]Mas-mas dan mBak ingkang satuhu kinurmatan,

Kamis 3 Maret 2011 saya dan Mas Unggul sowan Prof Budi Wignyo Sukarto di PP KAGAMA, untuk meminta saran agar kegiatan-kegiatan KAGAMA Virtual sejalan dengan program PP KAGAMA.Saya datang di PP KAGAMA jam 2.45, lebih cepat dari waktu janjian yang jam 3.00, tidak berapa lama kemudian Prof Budi WS datang dan kami langsung menuju sekretariat PPH KAGAMA.

Point yang pertama didiskusikan adalah beasiswa KAGAMA “virtual” . Awalnya beasiswa ini memakai nama KAGAMA dan kemudian ditambahkan “virtual” sampai memperoleh “restu” dari PP KAGAMA.

1. Saat ini sudah terkumpul dana sekitar 22 juta rupiah [akan diupdate setiap bulan oleh Mas Cahyo Raharjo]

2. Untuk penyaluran beasiswa ini, kita [pengelola keuangan] akan memberitahukan kepada PP KAGAMA berapa uang yang terkumpul dan akan dialokasikan untuk berapa mahasiswa, kemudian PP KAGAMA akan membuat kontrak dengan Rektorat [Pembantu Rektor Bidang Akademik] untuk program beasiswa pertahun dengan jumlah penerima sesuai dengan kemampuan keuangan. Rektorat UGM nantinya yang akan menyeleksi penerima beasiswa.

3. PP KAGAMA akan membuat surat “terima kasih” kepada pengelola, yang sekaligus merupakan pengakuan terhadap eksistensi program [dan kegiatan?]

4. Terjadi diskusi mengenai kapan diserahkan beasiswanya, menurut Prof Budi, uang yang ada saat ini dibagi dengan jumlah tertentu [misale sama dengan bidik misi diknas], kemudian dibuat kontrak dengan Rektorat mengenai jumlah mahasiswa yang memperoleh beasiswa. Sedangkan saya ingin menunggu dulu sampai dengan bulan Juni, melihat seberapa besar uang yang bisa dikumpulkan dan konsistensi dari pemasukannya, baru kemudian ditentukan berapa jumlah beasiswa yang bisa diberikan. Kami sepakat dengan pilihan yang kedua.

Selanjutnya, kami memaparkan instrument dan kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan oleh KAGAMA Virtual sbb:

1. Milis, beranggotakan 1100-an orang, dengan diskusi yang aktif dan semakin berkembang , beralamat di alumniugm@googlegroups.com

2. Facebook fan pages, beranggotakan 10000-an orang , beralamat di http://www.facebook.com/kagama.ugm , fan pages ini ditautkan dengan http://www.ugm.ac.id ,sehingga selalu updated dengan berita dari kampus

3. Kagama Groups facebook yang beranggotakan 2500-an orang, beralamat di http://www.facebook.com/#!/home.php?sk=group_174134755951881¬if_t=group_r2j

4. Blog multiuser di http://kagamavirtual.com , yang digunakan untuk mendokumentasikan aktiviats dan gagasan yang berkembang.

5. Blog aggregator alumni UGM di http://kagama.net , yang merupakan agregasi/ kumpulan blog-blog alumni UGM.

6. Forum KAGAMA di http://forum.kagama.net

7. Kopdar-kopdar di berbagai kota untuk meningkatkan solidaritas alumni UGM

Saya membuat powerpoint untuk semua point-point di atas, dan kemudian saya print 2, 1 dibawa Mas Unggul dan satu lagi saya sampaikan ke Prof Budi.

Point ketiga, adalah gagasan prof Budi untuk meng-onlinekan kabare KAGAMA di dunia virtual. Selama ini Kabare KAGAMA terbit setiap ada acara wisuda, setahun 4 kali, dan dibagikan kepada pelanggan dan alumni yang baru lulus. Menurut beliau isi dari majalah ini bagus namun berakhir di edisi cetak dan hanya bisa diakses oleh yang memiliki. Kami kemudian menawarkan untuk meng-onlinekan kabare KAGAMA di http://kagama.net dan http://kagamavirtual.com . Keesokan harinya saya bertemu dengan mBak Ayya Sofia untuk mendiskusikan tindak lanjutnya dan memperoleh softcopy kabare KAGAMA edisi November 2010 dan 2011.

Sedikit intermezzo, karena pada hari Kamis Prof Budi memperkenalkan saya sekilas ke mBak Fika yang mengurus sekretariat PP KAGAMA dengan nickname Komo, pada Jum’at pagi saya ditanya, Mas Komo kok akan mengadakan beasiswa lagi padahal Pak Sulastama sudah mengadakan, apa tidak dijadikan satu saja? . Ups.. ternyata informasi mengenai beasiswa KAGAMA Virtual sudah masuk ke sekretariat PP KAGAMA, mudah2an beasiswa ini bisa berjalan lancar, semakin maju dan berkembang, sehingga KAGAMA suatu saat mempunyai program beasiswa sebagai bentuk kepedulain terhadap almamater dan adik-adik angkatan.

Point keempat yang sempat disampaikan oleh Prof Budi adalah mengenai kagama Card BNI, yang bertujuan untuk membantu alumni2 muda memperoleh referensi dalam mengurus kartu kredit. Memang biasanya alumni2 muda kesulitan ketika mengurus kartu kredit. Saya pun kemudian meminta soft copy mengenai program ini yang akan dipublish di jejaring virtual KAGAMA.

tomo TGL’ 93
~ KagamaVirtual is here, there, everywhere, anywhere … For everyone”🙂 .. http://kagamavirtual.com/ ~

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: