Kabar mBak Yundrie dari Bawean

February 8, 2011 at 2:53 pm | Posted in TOMoGrafi | 2 Comments

Mas-mas dan mBak-mBak…

barusan saya mendapat sms dari mBak Yundrie Ardani, alumni Teknik Kimia UGM  yang sedang melakukan assesment untuk penempatan pengajar muda-nya Indonesia Mengajar di Pulau Bawean. mBak Yundrie merupakan Manajer Asesmen Daerah dan Penempatan dan juga member grups ini.

Lebih kurang isinya sebagai berikut:
“Aku lagi asesment SD di pulau Bawean kab. Gresik. Sdh 10 hari di sini, terjebak blm bisa balik ke Jkt krn gak ada kapal. Gelombang besar, 3-4 m shg kapal cepat yang adanya seminggu  3 kali dilarang jalan. Berharap pembak segera mengirim kapal bantuan dari TNI AL, spt bulan lalu. Harga bahan makanan dan barang-barang di sini udah mulai naik karena stock makin menipis.

 

Alhamdulillah kali ini aku asesmen gk sendirian spt asesmen tahun lalu. Kali ini aku ditemani 1 org junior,perempuan juga. Sdh menjelajahi pelosok Bawean. Lwt hutan, ke gunung-gunung. Ada  SD yang memang di gunung dan akses kesana sulit, apalagi musim hujan seperti sekarang, tdk jarang terpeleset.

Kemarin jalan2 masuk ke hutan, naik ke gunung sampai ke telaga. Liat penduduk yang lagi berburu babi hutan. Capek banget karena dah lama tidak berolahraga. Pantes orang gunung langsing-langsing, medannya spt itu..

Waktu awal datang minggu lalu kami nyebrang ke pulau Gili. Pulau kecil ke arah Madura. ada satu SD di sana. Dkt Gili ada 1 pulau yang lebih kecil lg dengan pasir putih. Bagus sekali.

Secara keseluruhan, Bawean itu keren banget. Perpaduan pemandangan hutan, gunung, sawah dan laut luar biasan indah.Penduduk Bawean juga ramah2. Di kec Tambak, gk ada hotel, jd kami nginap di rumah penduduk. Setiap hari makan ikan. Indonesia memang indah. Berjalan ke setiap tempat selalu berbeda.. Bersyukur aku bisa berjalan2 ke berbagai pelosok tanah air yang menakjubkan.”

Luar biasa.. luar biasa panjang dan bernas isinya. Mengelingkanku akan tulisan Soe Hok Gie entah di zaman peralihan atau catatan harian seorang demonstran, “Bagaimana anak-anak muda negeri ini akan mencintai tanah airnya kalau tidak mengenalnya.”

Sms luar biasa di atas setidaknya memberikan gambaran salah satu sosok negeri ini yang cukup indah dan memiliki potensi untuk dikembangkan lagi potensi pendidikannya.

Empat jempol tangan untuk mBak Yundri, Kang HHD, Mas Anies dan Mas2/ mBak2 di IM yang berusaha menginisiasi pendidikan dasar yang berkualitas di pelosok-pelosok negeri ini. Sehingga suatu saat lahir-lahir generasi muda yang berpendidikan bagus dari seluruh pelosok negeri dan tentu saja mencintai negeri ini.

wassalam,

~tomo TGL’93~

melaporkan dari pulau kapuk, setelah begadang

2 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Tugas yang mulia semoga Allah selalu melindungi anda beserta kawan-kawan.

  2. Yundri bravo yach….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: