Pemilu Kagama di Kampungku

October 2, 2010 at 7:21 pm | Posted in TOMoGrafi | Leave a comment
Tags: , , ,

Rekans,
kemarin sore, sebelum saya pulang kantor, saya sempat membaca sekilas email yang dikirimkan Carik Kagama Kampung Lor, Mas Cahyo Raharjo. Email itu, berisi hasil pemilihan ketua kagama di kampungku, kampung lor, jadi emailnya berisi hasil pemilihan ketua Kagama Kampung Lor.

Sebelum bercerita tentang hasil pemilihannya, yang mudah-mudahan nanti akan dibahas detil oleh Mas Cahyo, saya akan bercerita sedikit tentang Kagama Kampung Lor. Kalau kita cari dalam database kagama, mungkin akan kesulitan menemukan di mana kagama kampung lor [juga kampung kidul]. Kagama kampung lor adalah alumni-alumni ugm yang tinggal di camp duri dan sekitarnya, biasanya mereka adalah pegawai2 cpi, spouse, maupun karyawan bisnis partner. Alumni-alumni ini mempunyai kegiatan yang beraneka ragam, mulai dari pertemuan rutin, reuni, bakti sosial, beasiswa dan lain-lain. Saya sendiri tidak tahu, apakah kagama kampung lor ini diibawah kagama bengkalis, kagama dumai atau kagama cabang khusus. Ketidak tahuan saya, sama persis dengan ketidaktahuan Dwi Budi [ketua kagama kampung kidul] yang terungkap dalam pertemuan kagama kampung kidul beberapa bulan yang lalu, di bawah pekanbaru atau cabang khusus, soalnya anggotanya dah mencukupi sekedar memenuhi persyaratan pembentukan cabang khusus yang minimal 40 orang anggotanya. Kalau mau data detil kagama kampung lor, nanti tak tanyakan ke Mas Cahyo yang sekarang sudah menjadi carik demisioner.

Kembali ke pemilihan ketua kagama di kampungku, hasilnya terpilih Mas Subambang Anggoro, lulusan geofisika. Selamat kepada geofisika yang mendominasi jabatan ketua kagama kampung, baik kampung lor [duri] maupun kampung kidul [rumbai + minas]. Di luar masalah siapa ketuanya [siapapun ketuanya tetap lulusan UGM kan?], ada yang menarik mengenai pemilihan ketua ini, yaitu pemanfaatan teknologi dan pemilihan secara langsung, one man one vote.

Menurut saya, menariknya hal ini, karena pemilihan dilakukan menggunakan email dan secara langsung, setiap anggota berhak memilih calon ketuanya. Hal ini menarik, karena menurut  sahabat saya HHD, ada yang pernah mengusulkan untuk pemilihan ketua kagama, seperti pemilihan ketua IA ITB, setiap anggota memiliki hak pilih dan menggunakannya, bukan perwakilan dari masing-masing daerah kepengurusan seperti saat ini berlangsung. Sayangnya, atau untungnya malah, usulan itu tidak disetujui sehingga panitia pemilihan tidak perlu membentuk panitia-panitia lokal untuk melakukan pemilihan langsung dan mencetak kartu suara.

Proses pemilihan ketua kagama di kampungku, berlangsung dengan cukup sederhana, tanpa hiruk pikuk kampanye ataupun lobby-lobby. Pak Carik atau panitia pemilihan tinggal mengirimkan email kepada semua alumni UGM, yang berisikan ajakan untuk memilih beberapa kandidat ketua yang disebutkan dalam tubuh email. Para alumni, yang memiliki hak suara tinggal memilih, tidak dengan mencontreng atau mencoblos kartu suara, tinggal mengklik vote button yang ada di bagian atas email, dan mengirimkannya kembali ke Pak Carik, yang akan mentabulasi hasilnya dan mengumumkan hasilnya. Semudah itu prosesnya, semurah itu biayanya.

Nah, setelah terpilih ketua, tinggal nantinya Pak Lurah dan punggawanya, menjalankan program-program kerja yang biasanya sesuai dengan tag UGM yang Urun Guyub Manfaat🙂. Salah satu, atau mungkin salah dua kegiatan yang bermanfaat adalah membentu UGM dalam sosialisasi UM UGM dan membantu terselenggaranya UM itu sendiri. Sebagai bocoran tidak resmi [soale saya bukan pengurus😦 ] UM UGM di Riau sini, sangat terbantu oleh keberadaan alumni UGM yang menjadi dosen di UNRI [sekitra 40-an orang] dan tentu saja warga kampung, terutama kampung kidul yang dekat dengan Pekanbaru.

Mengenai penyelenggaraan UM, nanti lain waktu saya ceritakan. Kayaknya hujan di luar sudah berhenti, saya mau mengambil makan dan nanti malam mengerjakan PR , maklum mahasiswa. Tapi sebelum menutup email ini, saya ingin berbagi kepada Anda sekalian pisbuknya kagama kampung lor di sini

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: