Mencecap Manisnya Salak Madu

September 29, 2009 at 10:01 pm | Posted in Kebonku | 11 Comments
Tags: , , , , , ,

Mencecap Manisnya Salak Madu

Minggu, 27 September 2009, saya berkesempatan menikmati manisnya salak madu, bukan hanya sekedar salak madu Balerante, tetapi juga salak madu Sukomartani.

Salak Madu adalah salah satu salak unggulan Kabupaten Sleman yang memiliki produktivitas tinggi, berkualitas cukup baik, daging buah tebal dengan tekstur lembut dan rasa manis spesifik seperti madu.Salak madu memiliki ciri kulit dengan sisik yang tersusun teratur membentuk garis lurus dari bagian bawah buah ke ujung pada salah satu sisinya, berbeda dengan salak pondoh dan gading memiliki kulit buah dengan sisik yang tersusun teratur seperti susunan genteng.

Saat ini, ada dua varian salak madu yang dikembangkan di Sleman, yaitu:
1. Salak Madu Balerante, yang sudah dilepas sebagai varietas unggulan.
2. Salak Madu Sukomartani yang juga dikenal sebagai salak madu Probo.
Perbandingan sifat fisik buah salak madu, salak pondoh dan salak gading seperti terlihat di tabel di bawah ini.

maduPerbandingan Buah Salak Madu Balerante, Salak Madu Soka,
Salak Pondoh dan Salak Gading [Sumber: Si Manis Madu dari Sleman

Salak madu memang lebih enak dari salak pondoh super, apabila daging buah dipencet dengan jari akan keluar cairan seperti madu, cairan ini tidak dijumpai pada salak pondoh dan salak gading. Kelebihan salak madu, disamping rasanya yang juicy, harganya relatif lebih mahal dan populasinya masih sedikit. Kekurangannya, market untuk salak madu belum terbentuk seperti salak pondoh

100_6580Tandan Salak Madu

Salak madu yang pertama saya nikmati, adalah salak madu Balerante. Kebetulan setelah selesai silaturahmi ke rumah Budhe-Budhe istri saya, saya singgah di rumah Pak Dhe Syaean di dusun Kelor. Seperti biasanya saya menegok kebun belakang rumah yang ditanami salak pondoh dan akan dijadikan kebun salak nusantara. Ketika sedang melihat-lihat tanaman, mBak Ungah -budhenya Af- memberitahu kalau ada salak madu Balerante yang sedang berbuah. Saya kemudian mencari pohonnya, dan beruntung masih menemukan sisa-sisa salak madu yang masih ada di tandan.

100_6581Buah Salak Madu

Saya kemudian memetik buah yang paling besar, dan mengupasnya. Seperti salak pondoh dan salak-salak lainnya, buah salak terdiri dari tiga bagian, kebetulan yang saya kupas 1 kecil dan 2 besar, yang besar berbiji dan yang kecil tidak. Yang kecil rasanya seperti salak pondoh biasa, kejutan baru saya temukan ketika saya menikmati buah bagian yang besarnya. Rasanya manis, juicy, berair, cocok dengan namanya salak madu.

100_6582Menikmati Salak Madu Balerante

Saya pun kemudian mengambil 2 dari 3 buah yang masih tersisa di tandannya, satu saya makan sendiri dan satu lagi saya berikan kepada istri saya, yang segera mengupas dan menikmatinya. Tidak memerlukan waktu yang lama bagi kami untuk menghabiskan salak, dan rasa manis salak masih tersisa ketika kami selesai menikmatinya. Setelah menikmati salak madu, kami pun pulang ke rumah di Kendal.

100_6588Menikmati Salak Madu Soka

Keberuntungan, ternyata tidak menjauh dari kami hari ini, karena ketika kami sedang duduk-duduk di depan rumah, Yus datang ke rumah membawa 3 buah salak yang penampilan fisiknya cukup mempesona. Salak yang dibawa Yus, merupakan sampel salak madu Sukomaratani yang akan kami beli bibitnya. Buahnya relatif besar, warnanya coklat cerah, menarik. Saya kemudian mengupas salah satunya, dan menikmati buahnya, rasanya hampir sama  dengan salak madu balerante, hanya sedikit kalah manis dan kalah juicy. Namun secara umum penampilan salak madu sukomartani lebih menarik.

Setelah menikmati salak madu balerante dan salak madu sukomartani dalam waktu yang hampir sama, semakin kuat keinginan saya untuk memiliki pohon salak madu. Kebetulan saya sudah memiliki beberapa pohon salak madu balerante, sudah mulai beranak dan mungkin dalam waktu yang tidak lama lagi berbuah. Sedangkan salak madu sukomartani,sedang kami pesan beberapa puluh bibit untuk dijadikan indukan.

Menurut saya, salak madu balerante sedikit lebih manis dan juicy, sayangnya warnanya yang kehitaman dan buahnya yang agak kecil akan menyulitkannya memasuki pasar. Sedangkan salak madu sukomartani memiliki keunggulan di tampilan dan ukurannya, meskipun kemanisannya sedikit dibawah salak madu balerante namun tetap lebih manis dibandingkan salak pondoh. Mungkin saya akan memilih mengebunkan salak madu sukomartani, someday. Berminatkah Anda dengan salak madu?

Referensi Salak Madu:
1. Keputusan Menteri Pertanian Tentang Pelepasan Salak Madu Sebagai Varietas Unggul
2. Si Manis Madu dari Sleman
3. Memburu Bibit Salak Madu

11 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. I like

  2. Wah…
    ketoke wis siap dadi juragan salak ki…

    aku durung coba salak madu. Kira2 kapan musime? Insya Allah akhir okt ke Jogja ki….

    • dongane mawon Om…..
      salak madu masih beredar terbatas, kalau pohon salakku baru berumur 1,5 tahun…. masih cukup lama berbuahnya. Rencana-nya mau dijadikan indukan dulu, nanti baru dikebunkan. Ya mudah-mudahan 2-3 tahun lagi dah punya kebun salak madu…

  3. Wah iparku juga ada di sleman .. tapi belum pernah bawa salak madu … nanti kutanyakan seupaya bisa mencicipi juga …

    Terimakasih infonya ..

    • Pak Iksa, salak madu memang belum sebanyak salak pondoh meskipun sudah direlease sebagai varietas unggulan sejak 2004. Peredaran bibitnya terbatas dan harganya relatif mahal. Produksinya juga tidak terlalu banyak.
      Kalau mencari salak madu, yang paling gampang di Ngabeyan atau Soka di Tempel, atau di Balerante Turi.

  4. dimana saya bisa dapat bibitnya??
    mohon info nya…terima kasih..

    • Kelompok Tani Salak Pondoh Madu “Sari Madu”
      d/a Balerante RT 06/07 Wonokerto, Turi, Sleman. Contact Person: Bp. Mujono.

      • bisa hubungi 085725752999

  5. opo bedane salak madu karo salak pondoh biasa…..? aku wes suwe tenan ra mangan salak pondoh langsung seko kebon. rencana aku taun sesok muleh neng kaping, tulung siapke salak pondoh madu seng okeh yo…???

  6. tolong kasih tw caranya budidayanya,,,thks

  7. pusat SALAK MADU berada di BALERANTE,WONOKERTO,TURI,SLEMAN,YOGYAKARTA.
    dan kegiatannya berada didalam sebuah wadah yaitu KELOMPOK TANI SARI MADU


Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

