Munas Kampung-UGM di Sate Samirono

July 22, 2009 at 5:26 pm | Posted in Kuliner, Tarian Jemari | 2 Comments
Tags: , , , ,

Munas Kampung-UGM di Sate Samirono

Sate Samirono, Jln Colombo 105/ 38, Samirono, Caturtunggal, telpon 0274 541288/ 541287

Kamis 16 Juli 2009, saya mengundang teman-teman milis kampung-UGM untuk melakukan gathering di sate Samirono, Jln Colombo. Kampung-UGm adalah komunitas alumni UGM yang tergabung dalam milis kampung-UGM@yahoogroups.com, dan merupakan salah satu milis alumni UGM yang paling aktif anggotanya. Kebetulan saya menjadi salah satu moderator milis itu, dan sudah menjadi kebiasaan untuk mengadakan kumpul-kumpul dengan anggotanya.

Daftar MenuDaftar Menu

Pemilihan lokasi Sate Samirono karena beberapa hal, antara lain lokasinya yang di dekat kampus UGM sehingga aksesnya mudah buat kami, dan tentu saja karena cita rasa sate samirono yang sudah melegenda. Menurut beberapa teman, sate kambing samirono merupakan sate terenak di Jogja.

Jam 11.45, saya sudah sampai di depan sate samirono, setelah saya menemani Afa sekolah TK di Budi Mulia Dua Pandeansari. Tidak berapa lama kemudian Albert datang dengan naik sepeda dari rumahnya di Demangan. Kami berdua kemudian masuk ke rumah makannya, dan memilih tempat duduk. Kami berdua kemudian memesan minuman, saya memesan jeruk nipis panas. Sedangkan makanannya menunggu nanti setelah Prapto datang. Albert merupakan alumni Teknik Elektro angkatan 1997, saat ini berwira usaha di bidang IT. Kami pertama kali bertemu tahun 2002 di Rumbai, ketika kami sama-sama menjadi konsultan di Caltex.

AlbertAlbert Pratama Prayoga

Prapto datang sekitar jam 12-an, setelah dia menjemput istrinya di Demangan. Prapto juga merupakan alumni Teknik Elektro angkatan 94, saat ini menjadi dosen di Diploma TE, sedangkan istrinya merupakan alumni Teknik Arsitektur, dan saat ini bekerja menjadi arsitek professional. Saya dan Prapto bersama-sama wisuda dari UGM bulan Februari tahun 2000, dan sering berkomunikasi melalui milis. Menjadi dosen adalah persinggahan terakhir karier dia setelah melanglang buana menjadi karyawan profesional.

Prapto dan IstriPrapto Nugroho dan Istri

Kami pun kemudian memesan makan siang kami. Saya memesan sate kambing tanpa lemak, Albert memesan sate ayam tanpa lemak, Prapto dan istrinya memesan tongseng ayam dan sate ayam tanpa lemak.

Tidak berapa lama kemudian pesanan kami datang.

Tongseng AyamTongseng Ayam

Sate KambingSate Kambing

Sate AyamSate Ayam

Dan kami pun segera menikmatinya. Saya menikmati sate kambing tanpa lemak dengan nasi separuh. Daging kambingnya empuk, bumbunya terasa dan citarasanya nyampleng, pantas kaau teman-teman saya bilang sate kambingnya terenak di Jogja.

menikmatiAlbert, Prapto dan Istrinya Menikmati Makan Siang

Ketika makan siang kami sudah selesai, tiba-tiba mBak Bibien menelpon saya, menanyakan saya di mana. Ternyata beliau sudah di dalam rumah makan dan pangling dengan saya. Beliaupun akhirnya bergabung dengan kami. mBak Bibien merupakan alumni Psikologi angkatan 90, dulu KKN di Semono Purworejo bersama saya. Saat ini beliau bekerja di Taman Pintar Yogyakarta.

Mbak Bibien kemudian memesan tongseng kambing untuk makan siang beliau.

Tongseng KambingTongseng Kambing

Tidak berapa lama kemudian tongseng kambing pesanannya datang, dan beliau segera menikmatinya.

mBak BibienmBak Bibien Menikmati Tongseng

Kami berempat yang sudah selesai makan kemudian ngobrol ngalor ngidul ala munas kampong-UGM. Bahan obrolan pun bermacam-macam dari milis kampong-UGM, kondisi terkini kampus, birokrasi pemerintahan, pekerjaan/ kami masing-masing dan masalah sekolah dan pendidikan terkini. Obrolan yang mengalir lancer, meskipun ringan sangat up to date.

Jam satu, Prapto dan istri pamit duluan, karena Prapto masih ada keperluan di kampus dan istrinya kembali bekerja. Sebelum Prapto pulang kami berlima berfoto bersama.

Peserta MunasSaya, Albert, mBak Bibien, Prapto dan Istri

Saya dan Albert menemani mBak Bibien yang sedang makan. Saya dan Albert ngobrol berdua lagi. Setelah mBak Bibien selesai makan, obrolan kami lanjutkan bertiga.

Sekitar jam 13.30, istri saya telpon, menanyakan saya lagi dimana, yang saya jawab masih di Sate samirono, dan dia bilang belum makan setelah kuliah S-2 di FK UGM, kemudian saya suruh menjemput saya di sate samirono sekaligus makan siang. Saya kemudian memesan sate ayam tanpa lemak dan jeruk nipis panas. Tidak berapa lama kemudian istri saya datang, dan langsung menikmati makan siang dengan sate ayam dan jeruk panas.

mBak Bibien dan RinimBak Bibien dan Rini

Sambil menemani istri saya makan, saya Albert dan mBak Bibien melanjutkan perbincangan kami. Kali ini topiknya lebih terfokus pada masalah pendidikan saat ini. Tentang sekolah anak-anak dan beberapa sekolah yang mengajarkan multiple intelligent di Jogja.

Waktu terus berjalan, dan tak terasa sudah jam 14.20, meskipun masih enak berbincang-bincang, kami harus segera berpisah karena keperluan kami masing-masing. Ketika akan membayar makan siang kami, ternyata semua sudah dibayar Prapto, kecuali yang barusan dimakan istri saya. Saya dan istri pulang ke Turi, Albert pulang ke Demangan, dan mBak Bibien menjemput anaknya pulang sekolah.

Menurut saya, munas kali ini sangat berkesan, kami bisa berbincang-bincang dengan teman lama yang biasanya hanya berdiskusi di milis kampong-UGM. Di tambah lagi, kenyamlengan sate kambing samirono yang saya nikmati, suasana yang nyaman, pelayanan yang cepat dan ramah, membuat pemilihan tempat gathering di sate samirono sangat tepat. Harga yang makanan di rumah makanan ini, sepadan dengan citarasa istimewa dan suasana nyaman yang kami nikmati.

Referensi:

Daftar Harga:

1. Sate Kambing Tanpa Lemak : 18.000

2. Tongseng Kambing Tanpa Lemak : 18.000

3. Sate Ayam Tanpa Lemak : 13.000

4. Tongseng Ayam Tanpa Lemak : 13.000

5. Jeruk Nipis Panas : 3500

6. Es Teh : 2500

2 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. bikin ngiler aje ne sate… lagi lagi sate…mmmmm…pengen..

  2. whalah makannya tuh low bikin gak kuat kok uenak gitu liatnya..


Leave a Reply

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

