Menjadi Anggota Asosiasi Profesi, perlukah?

July 30, 2008 at 10:45 pm | Posted in TOMoGrafi | 1 Comment
Tags: , ,

Menjadi Anggota Asosiasi Profesi, perlukah?

Tadi sore, saya dengan ditemani oleh Hendra A Suhendar, teman seruangan saya, melakukan aplikasi membership AAPG secara online. Setelah melalui 5 step dan membayar biaya yang besarnya 80 US dollar, saya terdaftar menjadi anggota associate AAPG. Nomer anggota saya 10042257. Ternyata prosedur pendaftarannya relatif mudah dan tidak berbelit-belit.

AAPG, didirikan pada tahun 1917, dan saat ini merupakan society profesional geologi yang terbesar di dunia. Saya sudah cukup lama berminat untuk menjadi anggota AAPG, namun belum kesampaian. Karena saya kira mesti membutuhkan referensi dari member aktif sebelumnya, ternyata referensi hanya diperlukan untuk menjadi anggota aktif, sedangkan untuk menjadi anggota associate tidak perlu. Hanya dengan mengisi aplikasi online, termasuk mengisi pendapatan tahunan, dan membayar biaya dengan kartukredit, kita langsung punya nomer ID dan akses ke web-nya AAPG.

Keuntungan menjadi anggota AAPG antara lain:
1. Memiliki akses online ke jurnal terbitan AAPG dan memperoleh kiriman jurnal cetak [dengan membayar biaya tambahan].
2. Mendapat diskon kalau membeli buku-buku terbitan AAPG, semacam AAPG memoir.
3. Menambah teman dan networking.

Selain AAPG, masih ada beberapa organisasi profesi lain yang ingin saya masuki. Dari kantor saya dapat jatah 2 organisasi profesi yang fee-nya dibayar oleh perusahaan. Satu sudah saya gunakan untuk menjadi anggota AAPG, satunya lagi masih ada beberapa pilihan. Pilihannya mungkin antara SEG, SPE, IAGI dan HAGI. Untuk IAGI dan HAGI, dengan fee membership yang tidak terlalu mahal, mungkin akan menggunakan personal account. Tinggal antara SPE atau SEG, kalau melihat background saya yang lebih banyak berkecimpung dengan interpretasi seismik mungkin akan lebih condong memilih SEG.

Sebenarnya, saya relatif terlambat untuk menjadi anggota organisasi profesi, mungkin hal ini disebabkan status saya yang menjadi pegawai kontrak selama 5 tahunan dan waktu itu saya belum melihat urgensi untuk menjadi anggota, di samping masa depan saya yang belum jelas waktu itu sebagai geologist. Namun sekarang, setelah mendapat pekerjaan yang relatif mapan, dan melihat pentingnya manfaatnya bergabung dengan organisasi profesi, rasanya menjadi suatu keharusan bagi saya untuk bergabung. Lebih baik terlambat daripada tidak pernah menjadi bagian dari komunitas profesi yang kita geluti.

1 Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Saya kira perlu pak ….


Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

