Mahakam Delta Field Trip

June 21, 2008 at 4:04 pm | Posted in Ngangsu Kawruh, Ngulandara | Leave a comment
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Mahakam Delta Field Trip
2-7 Juni 2008

Hari Pertama, 2 Juni 2008
– Berangkat dari Minas jam 6 pagi, naik coplane jam 9 menuju Dumai lalu ke Halim Perdana Kusuma.
– Dari Halim jam 12, naik mobil jemputan menuju Cengkareng. Sampai di Cengkareng jam 1, cek in bagasi, makan siang dan sholat.
– Jam 14.25 flight dengan Garuda menuju Balikpapan. Sampai Sepinggan jam 17.30, ngurus bagasi dan menuju ke hotel Le Grandeur.
– 18.30 Check in di hotel Le Grandeur, mandi dan keluar mencari makan malam bersama Rizaq dan Afif, setelah berputar-putar akhirnya makan malam di Ayam Madu.

Hari Kedua, 3 Juni 2008
– 06.00 Bangun tidur, mandi, sarapan.
– 08.00 mulai materi kelas oleh Pak Andang, sampai dengan jam 11, dilanjutkan oleh Steve Johansen sampai jam 12.00
– Jam 12.00-13.00 Lunch dan check out dari hotel. Dilanjutkan dengan materi lagi oleh Steve Johansen.
– Jam 14.30 Berangkat menuju Samarinda dengan menggunakan bus,  sampai di Samarinda jam 17.00 dan langsung check in di hotel Bumi Senyiur.
– Jam 19.00 berangkat makan malam di Hary Crab – Sari Laut seafood, makan malam dengan menu kepiting asam manis, baronang bakar, udang rebus asam manis dan cumi asam manis.

Hari Ketiga, 4 Juni 2008

Pak Andang menerangkan sebelum memulai trip

– 07.40 star field trip dengan naik boat, di boat 1. sementara Pak Andang dan Pak Syaiful di boat 2. Sepanjang perjanalan mengambil gambar foto kapal untuk cerita ke Afa.
– 08.20 sampai di SS 1 – Sungai Mariam, mengambil sampel endapan sungainya dan mengukur kedalaman sungai dengan ecosounding. jam 09.40 melanjutkan perjalan menuju Muara Bayur, singgah mengisi bahan bakar boat.
– 11.15 sampai di Muara Bayur, mengukur kedalam dari utara ke selatan dan mengambil sampel endapan sungainya. Setelah selesai melanjutkan perjalan ke SS berikutnya.
– jam 12-an, makan siang nasi padang di atas boat, singgah di rumah penduduk untuk sholat jama’ dhuhur dan ashar.
– Perjalanan dilanjutkan menuju Pulau Datu, sampai di pulau Datu jam 14.00, team GDA melakukan coring, sementara yang lain melihat-lihat di Pulau Datu.

Mendarat di Pulau Datu

– Dari pulau datu, perjalanan dialnjutkan ke Pulau Bujit, sampai di P Bujit dah jam 15.00, air sudah mulai pasang, kapal berhenti jauh dari pulau, jalan kaki menuju P Bujit. Di P Bujit, sekali lagi team GDA mengambil data coring, sementara pak Andang menerangkan proses yang ada di P Bujit. Air pasang semakin tinggi, sebagian daratan pulau mulai terendam, kembai ke boat. Terkejut waktu Rizaq bilang kalau Bambang terjatuh dari boat.

Foto Grup di Muara Bujit
Foto Grup di Pulau Bujit

– Jam 16.00 meninggalkan P Bujit, boat dengan kecepatan penuh karene ingin segera membawa Bambang ke rumah sakit.
– Jam 18.00 sampai Samarinda, Mas Wikan dan Rizaq menemani Bambang, yang lain balik ke hotel. Sampai di hotel mandi dan istirahat.
– Jam 20.00, Mas Rex menjemput ke hotel dan mengajak jalan-jalan, makan malam dulu di Warung Djuanda, dan dilanjutkan dengan menikmati jalanan kota Samarinda di waktu malam. jam 22.00 pulang, istirahat.

Hari Keempat, 5 Juni 2008
Jam 08.00 start dari dermaga boat, dimulai dengan safety meeting oleh Pak Andang dan pak Steve. Kemudian melanjutkan perjalanan ke northern lobe dari delta Mahakam.
– Jam 09.00, ngisi solar di sungai Mariam, core hari sebelumnya dibuka, dideskripsi dan dibandingkan. Setelah mengisi solar, perjalanan dilanjutkan menuju P. Lantang Besar.
– Jam 11.00 sampai di pulau Lantang Besar, membuat profil sungai, mengambil sampel endapan, dan mengambil data core.

Coring sample

– Singgah di rumah penduduk, numpang sholat dan makan siang. Kebetulan pemilk rumah sedang menggoreng kepala udang. Lauk makan siang ditukar dengan kepala udang.
– Jam 13.30, boat 2 kandas dan tidak bisa melanjutkan perjalanan, menunggu pasang naik. Kegiatan kemudian diisi dengan membuka core yang diperoleh dari P lantang Besar, dan tentu saja foto-foto.

It’s Me

– jam 15.30, air sudah pasang, dan boat bisa kembali jalan. Karena dah sore, perjalanan untuk melihat Tidal Channel Mud dan Marangkayu dibatalkan.
– Jam 18.00 sampai di Dermaga boat, dan dilanjutkan menuju hotel.
– Makan malam di Lipan Hills Resto and goreng dengan menu udang goreng, ikan goreng, sate cumi, ayam bakar dan es krim.

Hari Kelima, 6 Juni 2008
08.00 cek out dan berangkat field trip. Menuju perjuangan quarry, jam 08.40 sampai di Perjuangan quarry.
– 11.15 sampai di Palaran Bypass, mengamati singkapan yang berada di sisi kiri dan kanan jalan yang memotong bukit. Hujan.

Foto Grup di bypass Palaran

– 13.30, makan siang di Tahu Sumedang. Sholat. Melanjutkan perjalanan menuju Balikpapan. Singgah di KM46.5 untuk mengamati singkapan.
– Jam 17.00 sampai di hotel Le Grandeur, cek in dan istirahat. Telpon Mas Himawan, dan diajak putar-putar kota balikpapan dengan naik motor.
– Makan malam di Kenari Crab, dengan menu kepiting.. kepiting goreng kering, kepiting lada hitam, kepiting saos tiram, kepiting asam manis.

Hari Keenam, 7 Juni 2008:
– 07.20 start field trip menuju Gunung Pancur, ajm 08.10 sampai di SS1 Gunung Pancur, melihat oil seepage.
– 08.30 melihat singkapan di belakang ruko Yani dan dilanjutkan dengan melihat singkapan di Gunung Malang. dan kembali ke hotel.
– Jam 10.00 mulai lagi class room oleh Pak Andang dan Steve Johansen. Dilanjutkan lunch dan check out.
– Jam 13.30, berangkat menuju pasar kebun sayur, beli souvenir dan langsung menuju bandara sepinggan. Hampir telat. Begitu sampai langsung boarding.
– jam 15.30 WITA, dengan pesawat garuda menuju Cengkareng, sampai di Cengkareng jam 16.30 WIB. Melanjutkan perjalanan menuju Jogja dengan pesawat jam 18.00.
– Jam 19.00 sampai di Jogja, di jemput Bapak mertua, Afa dan Ibunya, langsung menuju ke Klaten.

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

%d bloggers like this: