Menikmati Aneka Masakan Jamur di Jejamuran

September 28, 2009 at 10:37 pm | Posted in Acara Keluarga, Kuliner | 19 Comments
Tags: , , , , , ,

Menikmati Aneka Masakan Jamur di Jejamuran

Jejamuran, Niron, Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta, 55512
telpon 0274 868170


Selasa 22 September 2009, saya, Afa dan Ibunya berencana makan siang di Jejamuran. Karena saya ingin mengupdate tulisan tentang Jejamuran sambil menikmati makan siang yang lezat dan sehat di Yogyakarta. Sedangkan Afa sudah lama ingin menikmati soup jamur ala Jejamuran.

Jejamuran resto adalah sebuah rumah makan dengan keunggulan penggunaan bahan baku utama jamur yang dipadukan dengan menu tradisional. Bahan baku jamur mengandung berbagai macam asam amino, mineral, vitamin dan senyawa bioaktif yang baik bagi kesehatan, jamur juga telah terbukti menaikkan system kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah dan kandungan lemah dalam tubuh, menghambat partumbuhan tumor, antiinflmasi dan antimikroba.

Jejamuran resto terletak Jejamuran, Niron, Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta, 55512 telpon 0274 868170. Dari arah kota Yogya kearah Magelang sampai dengan perempatan Beran Lor, kemudian belok kanan/ utara kira-kira 800 meter. Restoran ini dimiliki ole Bapak Ratidjo yang dikelola bersama dengan istrinya.

Kami bertiga naik sepeda motor dari rumah, berboncengan. Sekitar jam 11.00, tidak lebih dari 15 menit perjalanan, kami sudah sampai di Jejamuran Resto. Hari ini merupakan hari pertama Jejamuran buka setelah libur lebaran, pengunjung sangat ramai, terlihat beberapa mobil dengan plat luar kota ada di parkiran.

MenuDaftar Menu

Setelah memarkir motor, kami kemudian masuk ke dalam rumah makan, di pintu masuk kami disambut oleh pelayan rumah makan yang memberikan daftar menu dan menunjukkan meja kosong yang bisa kami tempati. Beruntung kami me ndapat meja kosong untuk empat orang di sudut rumah makan, sementara kami lihat beberapa meja yang lain penuh atau sudah dipesan.

Honey Lime TeaHoney Lime Tea

Kami kemudian memesan menu makan siang kami masing-masing. Afa memesan soup jamur yang sudah lama dia inginkan, Ibunya memesan tongseng jamur dan saya memesan sate jamur, pepes jamur merang, rending jamur dan jamur goremng tepung. Untuk minumnya saya dan Ibunya Afa memesan honey lime tea dan Afa memesan lime tea.  Pesanan minuman datang tidak lama kemudian, sementara makanannya masih menunggu.

Sambil menunggu pesanan makanan kami datang, saya melihat-lihat bagian belakang rumah makan yang dijadikan perkebunan jamur. Di sini diperlihatkan jenis-jenis jamur dan cara-cara berkebun jamur. Ada beberapa pemandu yang menerangkan seluk beluk jamur, dan pembeli bisa membeli baglog yang sudah siap tumbuh untuk dibawa pulang.

Tiram PutihJamur Tiram

Jamur LingzhiJamur Lingzhie

Sedang enak-enaknya memfoto jamur yang masih segar dibaglognya, Ibunya Afa telpon memberitahu kalau pesanan kami sudah siap. Saya kemudian kembali ke meja 4. Di meja sudah terhidang pesanan kami, dari sekilas melihat sudah terbayang kenyamlengan rasanya.

TongsengTongseng Jamur Merang

Tongseng Jamur adalah tongseng dengan bumbu khas Jogja dengan menggunakan jamur sebagai bahan baku utama pengganti daging, sementara bumbunya seperti laiknya tongseng daging kambing pada umumnya.

SateSate Jamur Tiram

Sate Jamur adalah sate dengan bahan utama jamur untuk menggantikan daging, dihidangkan dengan bumbu kacang dan kecap. Seporsi sate terdiri dari 5 tusuk, bumbu dan irisan tomat.

SoupSoup Jamur

Soup Jamur adalah soup dengan bahan utama jamur disamping tomat dan sayuran yang lain.

Pepes TiramPepes Jamur Tiram

Pepes adalah salah satu makanan tradisional Sunda, biasanya pepes ikan atau pepes ayam. Di Jejmuran ini, pepes dibuat dengan menggunakan bahan utama jamur merang, jamur tiram atau jamur shitake. Saya memesan pepes jamur yang menggunakan bahan baku jamur merang.

RendangRendang Jamur

Rendang, merupakan salah satu makanan khas Minang, biasanya menggunakan daging sapi sebagai bahan baku utama. Di jejamuran, rendang dimodifikasi dengan bahan baku utama jamur sebagai pengganti daging sapi.

Jamur GorengJamur Goreng

Jamur goreng adalah jamur tiram yang digoreng dengan tepung.

Kami kemudian mulai menikmati makanan kami masingh-masing. Afa menikmati soup jamur yang sudah lama diinginkannya. Dia sudah beberapa kali datang ke jejamuran, namun selalu kehabisan soup jamur. Bahkan waktu diajak ke Jejamuran dia bilang kecewa karena soup jamurnya tidak ada. Sementara Ibunya Afa menikmati tongseng jamur dan saya sendiri menikmati makan siang dengan menu campur-campur.

MenukuMenuku

Menurut saya, sate jamurnya enak, empuk tidak alot, rasanya seperti sate daging beneran. Pepesnya juga nyamleng, jamur gorengnya enak sebagai pengiring makan siang cocok sbagai pengganti kerupuk, sedangkan rendangnya agak kurang cocok di lidah, terlalu asin 

MenikmatiMenikmati

PengunjungPengunjung

Setelah selesai makan kami beristirahat sebentar, Afa melihat-lihat ikan dan kami bergantian sholat dhuhur. Tidak lupa saya membayar makan siang kami. Untuk semua makanan yang kami nikmati siang ini saya membayar 73 ribu rupiah, harga yang terlalu murah untuk kualitas, citarasa dan kenyamanan suasana serta pelayanan yang cepat dan ramah.

Belajar JamurBelajar Jamur

Menurut saya, Jejamuran merupakan salah satu tempat wisata kuliner yang wajib dikunjungi dengan beberapa alas an sbb:
1. Menyajikan menu makanan yang exotic dan sehat berbahan baku utama jamur yang jarang ditemukan di tempat makan lain.
2. Cita rasa dan kelezatannya tidak kalah dengan makanan sejenis yang [asli] berbahan baku utama daging.
3. Harganya yang reasonable cenderung murah untuk kualitas, porsi dan citarasa makanan yang sajikan. Kita hanya perlu membayar value dari makanan da tidak perlu membayar image dan keexoticannya.
4. Jejamuran terintegrasi dengan perkebunan jamur dan konsultasi budidaya jamur, sehingga di samping menikmati makanan dengan bahan utama jamur kita juga bisa belajar dan mengetahui seluk beluk perjamuran dalam satu waktu.
5. Jejamuran juga menyediakan jamur segar dan olahan jamur untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.
6. Fasilitas pendukungnya memadai [toilet, musholla] dan lokasinya di pedesaan yang asri mudah dicapai dari kota Jogja. [kom, 240909]

Daftar Harga:
1. Sate Jamur: RP. 8.000,00
2. Tongseng Jamur: Rp. 8.000,00
3. Soup Jamur: Rp 8.000,00
4. Rendang Jamur: Rp. 8.000,00
5. Pepes Jamur: Rp. 4.000,00
6. Jamur Goreng: Rp. 6.000,00
7. Honey Lime Tea: Rp. 6.000

Referensi Lain:
1. Jamur Tiram untuk Antikolesterol..!
2. Satai Jamur Lezat a la Jejamuran
3. Menyantap Aneka Masakan Jamur di Jejamuran
4. Petualangan Kuliner Jamur di Jejamuran
5. Sajikan Menu, Resep dari Masyarakat Istri Sehari-hari
6. Ratidjo, Sukses Usaha Jamur

Resep:
1. Resep Tongseng Jamur

About these ads

19 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. [permisi …. ]

    Wah makanannya mantap sekali nih … kalau ke Yogya harus mampir ah … terimakasih banyak infonya …..

    • Sama-sama Pak Iksa,
      kayaknya memang jejamuran layak untuk dikunjungi

  2. iya Tom.. a juga syuuka bgt k Jejamuran. Pilihan menu beraneka, harga relatif terjangkau dan rasa yg adanya cm ‘enak’ n ‘enak buangeeets’ :D

    • Lah piye, kapan-kapan reuni di situ?

  3. Rasanya mak nyuz tenan…

    tongseng & satenya mantap. mirip yang berbahan baku daging. Layak dicoba….
    apalagi murah-meriah :)

    • kalau untuk ukuran dsm yang dobel gardan dah pasti murah meriah wis….
      jangan datang pas jam rame2nya makan, bisa kelamaan nunggu sate jamurnya lho…

  4. jejamuran…tempat ini dulu sekitar pertengahan thn 2008 pernah saya liput dan sudah dimuat di tabloid info kuliner yang terbit pada edisi 20 TH I

    • terimakasih infonya Pak Martin,
      apakah tabloid infokuliner bisa diakses secara online?

  5. Wah pas liburan kemarin ini, saya juga diajak temen makan siang di jejamuran kebetulan tujuan kami mau ke agrowisata turi yg jalurnya melewati Jl.magelang. Memang uenak tenan makanannya, kemairn saya & teman makan jamur bakar pedas, sate jamur & lumpia jamur….mmm emang mak nyus, murah lg hehe…. POkoknya rekomended deh, harus dicoba. Insya Allah kl ke Ygy lg baal balik lg deh ke jejamuran

  6. pngn bangt,,,, q nyari2 tempt makn jamur,, ini kyak na emang tepat bangt,,, tp mslh harga gak cocok bwat anak kos yang harus ngirit,,, hikshikshik…

  7. yuuummy…yang belum nyoba wajib nyoba…. tumis jamur sambal hijaunya maknyuuss… sop jamurnya number one….

  8. He….jangan lupa merasakan jamur crispy dan es jamurnya di kota pemalang tepatnya di pasar comal.ngabuburit…….terus berbuka dengan menikmati es jamur..segar kali y…

    • wah gmn tu rasanya es jamur, jadi penasaran buatnya, krena saya juga baru satu nulan ini berbudi daya jamur tiram

  9. Aduh kapan yah bisa ke situ…pengen banget mengingat anak n suamiku vegetarian nih, meskipun aku sendiri belum bisa jadi vegetarian siapa tau abis menikmati lezatnya jejamuran trus bisa vegetarian (aku gak suka jamur soalnya)

  10. Untuk sate jamurnya menurut saya lebih enak di resto Kangen Desa di sekitaran Kali Urang

  11. kalo pulkam lagi..harus datang lagi..
    ada beberapa menu yang dipraktekkan bikin sendiri lho..

  12. akhir2 ini saya seneng banget sama aneka masakan jamur… jadi pingin mampir ke sana…. :)

  13. kepingin coba lagi, sate jamurnya mantab dah

  14. wah jadi penasaran gimana rasanya aneka masakan jamur. klo ada waktu luang mungkin bisa mampir


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com. | The Pool Theme.
Entries and comments feeds.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: