Hari Pertama Afa Masuk TK Budi Mulia Dua Pandean Sari

August 16, 2009 at 11:41 pm | Posted in Acara Keluarga, Tarian Jemari | 3 Comments
Tags: , , , , , , , , ,

Hari Pertama Afa Masuk TK Budi Mulia Dua

“Anak adalah personifikasi kehendak yang belum berpijak.
Orangtuanyalah yang dititipi tugas untuk memijakkan kehendak anak,
ke bumi kesadaran Illahi, ke bumi hati nurani dan ke bumi tanggungjawab sosial.”

Senin, 13 Juli 2009. Akhirnya hari yang kami nantikan tiba, hari pertama Afa masuk sekolah di TK Budi Mulia Dua Pandean Sari. Ya, setelah melalui seleksi dan diskusi yang panjang, akhirnya kami memutuskan untuk memasukkan Afa di TK Budi Mulia Dua Pandean Sari setelah dia menyelesaikan playgroupsnya di Budi Mulia Dua Blimbing Sari.

Di hari pertama masuk sekolah ini, yang merupakan hari istimewa, kami sengaja menyempatkan diri untuk mengantar Afa sekolah, saya mengambil cuti tahunan dan Ibunya Afa bolos kuliah di FK UGM.

100_4895Nampang Dulu

Jam tujuh pagi, saya sudah menyuruh Afa untuk mandi, saya juga sempat mengambil gambarnya, sayang dilarang Afa untuk di upload di sini, malu katanya. Setelah mandi dan memakai seragam sekolah, Afa nampang dulu di depan rumah, dengan seragam sekolah dan bergaya ala bolang, serial TV kesukaan dia.

100_4896Bersama Ibu

Afa kemudian berfoto bersama dengan Ibunya. Terlihat betapa dia sudah cukup besar dan siap untuk berangkat sekolah.

100_4894Di mobil

Setelah semua siap, kami pun kemudian masuk ke mobil. Kami menggunakan kijang hijau, tidak menggunakan jazz-nya Afa karena pagi ini kami sekalian akan mengantar Pak Dhe Kun, mBak Vita dan mBak Via ke stasiun Tugu. Mereka sudah menyelesaikan liburan dan akan kembali ke Lampung. Tepat jam 07.30 kami berangkat dari rumah menjemput Pak Dhe Kun sekeluarga di Kelor. Eyangnya Afa yang nyopir, saya di sampingnya, sedangkan Afa dan Ibunya di tengah.

100_4901Stasiun Tugu Nganter Pak Dhe Kun

Sekitar jam delapan, kami sampai di Kelor, Pak Dhe Kun, mBak Vita dan mBak Via  naik ke mobil dan kamipun berangkat ke stasiun Tugu. Kebetulan kereta Taksaka yang akan mereka naiki sudah ada di peron 3, sehingga kami hanya mengantar sampai di loket pengantar. Saya sempat mengambil foto Afa dan Ibunya di stasiun Tugu seperti gambar di atas.

100_5000Spanduk Selamat Datang

Dari stasiun Tugu sekitar jam 9, kami kemudian berangkat ke TK Budi Mulia Dua Pandean Sari, melewati jembatan Kewek-Kotabaru-Klitren – Jln Herman Johanness – sebelah Timur UGM – Selokan Mataram – Jln Gejayan, dan akhirnya sampai di Pandean Sari. Spanduk selamat datang dengan menggunakan bahasa Inggris terpasang di atas jalan masuk.

100_4903Di Gerbang Budi Mulia Dua

Sesampai di TK Budi Mulia Dua, kami di drop di depan gerbang, sementara Eyangnya Afa memarkir mobil. Afa dan Ibunya sempat berfoto di depan gerbang TK Budi Mulia Dua Pandean Sari. Kayaknya kami sudah terlambat, karena sudah sepi, tidak adak anak yang lain yang baru datang.

100_4905Dipangku Ibu

Benar, ternyata kami sudah terlambat dan sempat kesulitan mencari kelas A1, kelasnya Afa. Namun setelah sempat duduk di belakang dan bertanya kepada Bu Guru, akhirnya ketemu juga. Afa dan Ibunya kemudian duduk bergabung dengan teman-temannya di kelas A1. Kebetulan hari ini masih orientasi, sehingga semua kelas dikumpulkan di lapangan yang diberi tenda, orang tua dan murid duduk lesehan. Afa duduk di pangkuan Ibunya mendengarkan cerita yang sedang disampaikan oleh gurunya.

100_4910Pak Guru Mendongeng

Pak Guru dengan menggunakan boneka, mendongeng, dongeng yang disampaikan mengenai peraturan dan kebiasaan yang sebaiknya [akan] dilakukan murid-murid ketika mereka nanti sudah sekolah.

100_4915Menikmati Snack

Setelah Pak Guru selesai mendongeng, murid-murid dibagi snack. Afa terlihat suka dengan snack yang dibagikan dan segera menikmatinya.  Setelah acara makan snack, orientasi hari pertama selesai.

Kami kemudian mengantar Ibunya Afa bekerja di FKG UGM. Setelah itu saya, Afa dan Eyangnya mencari makan siang karena Afa sudah “lapar KFC” dan sebelumnya saya berjanji untuk mengajak dia makan siang di situ. Awalnya kami akan makan siang di KFC sebelah Mirota Kampus, namun karena kesulitan masuk kami kemudian memutuskan ke KFC di Jogja Ponsel jalan Sudirman.

100_4923KFC

Kami kemudian memesan makan siang kami, dan segera menyantapnya setelah pesanan kami datang. Afa duduk sendiri, dan makan burger pesanan dia, sementara saya dan Eyanganya Afa makan nasi dengan lauk ayam. Perpaduan rasa lapar, suasana yang nyaman dan kelezatan ayam KFC membuat makan siang kami cepat tandas.

100_4928Bermain

Setelah selesai makan, Afa kemudian bermain dengan menggunakan sarana permainan yang disediakan KFC khusus untuk tamunya. Afa bermain meluncur dengan teman-teman barunya. Dia cukup menikmati permainannya, bahkan tidak mau diajak pulang. Namun setelah cukup lama bermain akhirnya dia mau pulang juga.

Sekitar jam 1 siang kami pulang dari KFC, menuju rumah Kendal. Dan sampai di rumah sekitar jam 2. Afa sudah tertidur, dan saya kemudian balik lagi ke Jogja menjemput Ibunya Afa. [kom]

About these ads

3 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Wah lenkap banget nih…

    Aku jadi terinspirasi untuk cerita pertama kali nganter anakku masuk SD yang jauuuuuh banget dari rumah.

    Aku sih sok PeDhe, jadi kutinggalkan dia di pintu gerbang dan kuminta dia nyari kelasnya sendiri.

    Itu tahun berapa ya?

    Yang jelas belum punya camera digital, karena memang belum terbit.

    Salam

    • Ayo Pak Dhe dibikin tulisannya…
      Aku sendiri masih ingat waktu pertama kali Bapak mengantarku ke TK ABA, dan kemudian ditinggalkan sendiri.

      Makanya aku sengaja mendokumentasikan hari pertama Afa masuk TK, siapa tahu suatu saat dia akan memerlukan dokumentasinya dan dia akan bangga dengan hari itu.

  2. Wah, seru, Mas…
    Jadi ingat 12 tahun lalu aku masih pakai seragam putih abu waktu kenal Jenengan…
    lah saiki kok wis pada dadi bapak dan calon bapak…cepat ya umur berjalan ;)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com. | The Pool Theme.
Entries and comments feeds.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: