TB Maranatha, Surga Penggemar Komik Wayang

September 2, 2008 at 10:59 pm | Posted in TOMoGrafi | 46 Comments
Tags: , , , , , , , , , , , ,

TB Maranatha, Surga Penggemar Komik Wayang

Tanggal 28 Agustus 2008, kami sekeluarga belanja komik di Toko Buku Maranatha [Erlina], jalan Ciateul/ Jln Inggit Ganarsih 148 Bandung. Berbekal email Pak Awang [BP Migas], kami meluangkan waktu di sela-sela PIT IAGI untuk berbelanja komik-komik yang saya baca waktu kecil. Targetnya membeli komik Mahabarata dan Ramayana, lengkap dan serial laba-laba merah.

Kami berangkat naik taxi dari depan BIP, setelah makan siang di McD, sekitar jam 2 siang. Tidak berapa lama kemudian, kami sampai ke toko buku Maranatha, dan langsung di sambut dengan ramah oleh Ibu pemilik tokonya. Beliau langsung tahu kalau kami akan mencari komik wayang, karena sebelumnya saya  telpon menanyakan jam buka toko.

Toko Buku Maranatha (Erlina)

Pemilik toko [dan penerbit] ini seorang Ibu yang berusia 70-an tahun, beliau meneruskan usaha suaminya yang sudah meninggal pertengahan tahun 90-an. Suaminya merintis usaha percetakan komik ini sejak masih lajang.

Ibu Pemilik Toko

Di toko ini, serial komik mahabarata dan ramayana masih lengkap dipajang di rak-rak dinding, ada yang edisi biasa dan ada yang lux, harganya tidak terlalau mahal. Ada juga buku-buku lama karangan Asmaraman Sukowati a.k.a Koo Ping Hoo. Sedangkan komik-komik fantastik seperti laba-laba merah juga tersedia lengkap [9dari 10 seri].

Komik Mahbarata

Komik Ramayana

Komik Fantasi

Ko Ping Hoo

Saya kemudian memilih komik-komik yang akan beli, yang pertama seri Ramayana lengkap, berikutnya seri mahabarat lengkap sampai pandawa seda, dan seri laba-laba merah 8 buku. Afa milih sendiri buku dikejar seribu ikan hiu. mBak pelayannya melayani dengan sigap, dan membungkuskan buku-buku pilihan kami. Ada puluhan buku, dan saya ndak sempat menghitungnya, habis 550 ribu rupiah.

Membungkus Belanjaan Kami

Setelah selesai memilih buku, kami berbincang-bincang lagi dengan Ibu pemilik toko. Beliau bercerita mengenai sejarah dan eksistensi Marantha dalm meramaikan dunia perkomikan di Indonesia. Maranatha pernah mengalami masa jaya. ketika Pak Soesilo Soedarman [sewaktu jadi menteri] memesan 10 ribu komik utnuk dibagi-bagikan di sekolah-sekolah di Tegal, dan rencananya untuk seluruh Indonesia, sayang belum terlaksana Pak Soesilo keburu sakit.

Maranatha juga pernah terpuruk, ketika Si Bapak sakit, dan kemudian meninggal, anak-anaknya tidak ada yang mau meneruskan. Beruntung ada pegawai yang mengerti tentang penerbitan dan naskah-naskahnya, sehingga perlahan Maranatha mulai aktif kembali menerbitkan komik. Saat ini Maranatha menyuplai komik-komiknya ke Kuningan [Pasar Festival], Plaza Semanggi, Serpong [Annelida], ke Surabaya, bali dan Jogja [ Indah Agency, Shopping Centre]. Dan yang menggembirakan, sekarang sudah mulai banyak anak-anak muda yang membeli komik-komik wayangnya.

Berfoto Bersama Pemilik Toko

Jam setengah 4-an, saya berinisiatif utnuk mencari taxi, sementara Afa tidur di gendongan Ibunya. Sampai 20-an menit tidak ada taxi kosong yang lewat, akhirnya saya masuk ke dalam. Ternyata Ibu pemilik toko tidak tahu kalau saya mencari taxi, dikirinya saya jalan-jalan. Setelah tahu saya mencari taxi, beliau berinisiatif menelponkan taxi, dan sambil menunggu sawya ditawari minum. Dan kami pun mulai bercerita lagi. Afa dan Ibunya sempat berfoto bersama Ibu pemilik toko sebelum pulang ke hotel.

Sekitar jam empat, taxi datang dan kemipun berpamitan. Kami membawa serial lengkap Mahabarata dan Ramayana untuk melengkapi perpusatakaan di rumah kami, dengan harapan kelak Afa akan membaca dan mengerti cerita-cerita pewayangan itu. Mekipun Mahabarata dan Ramayana berasal dari India, namu nsudah melekat dalam kultur kami sebagai orang Jawa. banyak nilai-nilai luhur yang tersurat dalam cerita-cerita itu, sehingga kami tidak ingin anak-anak kami melewatkan ceritanya, kelak.

About these ads

46 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Wuah pas cocok hobine mo.. eh tapi cuman ada di bandung yah… order kirim bisa gak yah…

  2. Order kirim bisa, nomer telponnya 022-5203188.

    Kalau di Jogja ada agennya, Indah Agency, alamatnya di shopping centre.

  3. Wah, ternyata maniak Komik rupanya. :)

  4. bagaimana saya bisa mendapatkan salah satu dari komik yang anda miliki?

  5. bagaimana saya bisa mendapatkan salah satu dari komik anda????

  6. Dimana saya bisa bergabung sama komunitas penggemar wayang?

  7. duh serunya punya koleksi komik pewayangan lengkap. tks yah baca artikel kamu, saya jadi tahu dimana saya harus mendapatkan komik lengkap seputar cerita keturunan pandawa

  8. Terima kasih banyak infonya. Terakhir saya tanya2 ada gosip yg bilang tokonya sudah tutup dan tidak ada lagi cetakan baru. Saya segera berburu kalau begitu, thanks.

  9. Selamat siang,
    Ibu Erlina yang baik, saya Marcel dari Manado, pernah tahun 2006 saya beli buku wayang, malam-malam di Bandung, sama teman saya,
    saya juga pingin tahu kalau ibu punya koleksi Jan Mintaraga
    apa saja judulnya ?
    Trims
    Salam

    • Sdr/i Mercel Lahiang silahkan menghubungi langsung TB Maranatha (Erlina) 022-5203188.

      salam,
      tomo

  10. bagimana apa kami bisa memsan buku-buku koleksi yang ibu miliki?

    • untuk memesan buku silahkan langsung menghubungi TB Maranatha (Erlina) 022-5203188

  11. salam komikk..Hidup RA kosasih :)

    • terima kasih, salam komik juga.

  12. Wah infonya sangat berharga mas Tomo. Terakhir aku baca komik wayang sewaktu msh SD thn 1973. Sejak itu terobsesi n hunting gk dapat2. Apalagi sdh d pekanbaru ya tambah gk kepikir. Suwun banget yoo

  13. Saya sewaktu kecil sangat gemar membaca buku komik wayang. saya pernah membaca komik yang berjudul ARJUNA SOSROBAHU dan kisah SUMANTRI. Saya sangat terkesan dengan goresan gambarnya yang khas. Pengarang buku tsb saya lupa. Apakah ada yang kiranya dapat menolong saya dimana saya dapatkan buku tsb? Atau apakah di Toko Buku komik MARANATHA ada ?
    Trima kasih atas bantuannya.

    Salam,
    Joo.

  14. luar biasa inti sari hidup yang bisa di ambil dari cerita wayang karya RA.Kosasih..mudah2an ada waktu dan rejeki lebih saya akan hunting bukunya ke Maranatha.

    • Semoga suatu saat pak Dick bisa memiliki koleksi cerita wayang Pak RA Kosasih.

      Terima kasih dah berkunjung ke blog saya

  15. Terima kasih atas infox Mas, Saya sangat gembira membaca surat anda & keluarga diatas. Smg Komik wyang tetap exist di negara kita karena byk pendidikan yg bs kita dapatkan dari ceritanya..

    Salam,.

  16. Waktu kecil saya sudah membaca hampir semua buku wayang terutama karya RA. Kosasih. Bahkan saya sempat membuka perpustakaan. Namun buku2 tersebut sudah kami sumbangkan karena saya harus pindah dan bekerja di lain kota. Sekarang saya ingin meneruskan kebiasaan membaca tersebut kepada istri dan anak2 saya. Saya sudah mulai mengumpulkan seri Mahabaratha s/d Udayana, Wayang Purwa dan Arjuna Sasrabahu yang saya beli kalau saya mampir ke Palasari Bandung. Yang saya ingin saya tanyakan, Apakah membeli buku di Maranatha dapat harga spesial bila membeli dalam jumlah yang cukup banyak?
    Terima kasih

  17. wah..saya lagi cari komik wayang ramayana : dasawalikrama ada gak ya…
    salam…

  18. kira-kira sekarang tokonya masih buka ga yah, sya pernah berusaha mencari tapi katanya sudah tutup

  19. wah jadi kangen sama labah labah merahnya kus bramaina, berapa umurnya ya dia sekarang …..

  20. bu saya penggemar buku komik dan buku komik fantasi seperti laba-laba merah, godam, gundala dan yang lain yang sezaman dengan komik tsb, kalau komik wayang saya sih udah ada sebagian besar seperti mahabharata, ramayana dll. tapi kalau komik fantasi saya tidak punya, kira-kira ada tidak ya seperti godam, gundala dan laba-laba merah terus kira-kira berapa tuh harganya ? terima kasih

  21. kalau daerah serpong atau bsd kita cari buku komik mahabrata di mana ???

  22. kalau dibali dimana bisa didapat koleksi komik-komik pewayangan yang lengkap

  23. Saya suka sama komik wayang dan silat, terutama seri Mahabrata, Bharatayudha, Arjuna Sasrabahu dan Si Buta Goa Hantu.Barangkalai masih ada ya stoknya?

  24. toko bukut maranatha masih eksis tuh sampe sekarang
    masih banyak stock buku wayangnya

  25. kok sibuta dari goa hantu ngak ada , seperti prahara di bukut tandus, kabut tinombala, soalnya saya suka cerita sibuta.

  26. salam dari saya di Kalimantan Tengah,
    sudah lama saya cari2 buku komik wayang karangan RA KOSASI apa ditempat ibu masih ada Mahabarata,baratayudha karangan RA KOSASI..wassalam

  27. Masih ada tuh.. Buka tiap hari.. Jam 9 s.d 16.30

  28. komik nasional yang sempat menjadi raja di negeri sendiri….

  29. boleh tanya, untuk komiknya pakai kertas apa ? book paper or kertas koran ?

  30. Ada gk ya no hp bu erlina…, soalnya kita jauh sumut

  31. mudah mudahan komik wayang RA Kosasih tetap lestari….! bu Erlina, kalau di Jakarta dimana saya bisa beli buku-buku RA Kosasih. hatur nuhuun !

  32. waktu kecil saya baca semua komik wayang hingga hafal, sesudah agak dewasa saya banyak pertanyaan mengapa Sunan Kalijaga menyebarkan agama islam lewat wayang yang nota bene adalah cerita hindu, kenapa dulu pada pertunjukan wayang kulit, dalang, sinden dan para penabuh gamelan harus mempunyai “wudhu”. Ternyata ada perbedaan versi hindu dengan versi Sunan Kalijaga seperti Yudistira atau Semiaji yang tak bisa berbohong dan berdarah putih adalah melambangkan hati pada manusia, mempunyai jimat Layang Kalimusada yang ternyata adakah layang= surat, Kalimusada = kalimat syahadat. Sungguh hebat Sunan Kalijaga dan untungnya RA Kosasih mrngambil cerita Mahabarata dari versi Sunan Kalijaga.

  33. baca novel yg ditulis sm pitoyo amrih juga gan.. ane banyak ngerti dr situ.. cerita pewayangan (khusus mahabarata) yang diceritakannya melalui novel.. lebih manusiawi jd-nya..

  34. ibu erlina yang baik….. Saya Ridho dari PADANG
    Saya mau menyakan komik silat karya U Syah Marantikha dg judul :
    – Pendekar Jubah Hijau
    – Iblis Racun Hijau
    – Ki Naga Sewu
    koleksi tersebut pernah saya miliki diawal thn 80-an. Karna sesuatu koleksi tersebut hilang entah kemana…….. apakah koleksi tersebut masih ada di toko ibu..
    mohon info nya segera…

  35. saya mencari serial dasawalikarma karangan mang oerip masih ada gak ya bu?

  36. Saya tertarik dengan koleksi TB Maranatha, masih ada ngga komik silat favorit saya dulu kar. arie pusaka naga terbang dan naga laut selatan?

  37. Ehehe.. Tx ni, berkat blog mas sulastama sy jd bisa nelpon ibu erlina. Minta tlg dibukakan pintu krn sy mo dateng stlh jam toko tutup he2…. Abis nyari alamatnya pake nyasar2 dlu. Akhirnya sukses ngeborong mahabharata-seda & ramayana cetakan baru hardcover. Nostalgia waktu SD & sekaligus mengkoleksi lagi.

  38. kalo order ada ongkos kirimnya nggak ya kalo ada ongkos ke bogor berapa,salam komik

  39. AKHIRNYA….KETEMU JUGA TUH TOKO……TRIMS

  40. Semoga penerbit maranatha tetap bertahan, dan sukses selalu


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com. | The Pool Theme.
Entries and comments feeds.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: