Afa sekolah di playgroup Budi Mulia

July 22, 2008 at 1:45 pm | Posted in Acara Keluarga | 12 Comments

Afa sekolah di playgroup Budi Mulia

Afa, anakku yang baru saja berulangtahun ke 3 bulan Juni lalu, sekarang sudah ikutan Playgroup di Budi Mulia. Pemilihan Budi Mulia, karena lokasinya di Blimbingsari dekat dengan tempat kerja Ibunya Afa dan kualitasnya yang cukup bagus, sehingga diharapkan bisa menjadi tempat Afa bersosialisasi dengan teman-teman seumurnya.

Tanggal 14 Juli, merupakan hari pertama dia masuk sekolah. Dari rumah dia diantar oleh Eyangnya, berangkat jam 07.30 dan sampai sekolah jam 8 lebih seperempat. Di sekolah, Afa ditungguin Ibunya dan pengasuhnya. Hari-hari pertama, dia masih suka main sendirian, dan baru setelah 3 kali masuk dia bisa bersosialisasi dengan temannya. Jadual sekolah Afa setiap Senin, Rabu dan Jum’at, dari jam 8 sampai jam 10 pagi. Kelas dia terdiri dari 18 orang anak dan diasuh oleh 3 orang guru.


Berangkat Sekolah

Mendengarkan Cerita

Salah satu acara yang paling disukai Afa, adalah mendengarkan cerita dari Bu Guru. Dia sudah terbiasa mendengarkan cerita di rumah dari Ibunya.

Makan Sayur Bayam

Afa juga menikmati acara makan di sekolahnya, salah satu menu favoritnya adalah sayur bayam tanpa nasi. Karena saking enaknya, dia minta tambah sampai 3 kali.

About these ads

12 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. wah senang ya liat anak baru masuk sekolah, anaknya seumuran anakku tuh. Tapi anakku udah masuk playgroup dari umur 2 tahun soale ndak punya temen dirumah:)
    selamat ya mas, semoga Afa betah disekolah barunya.

  2. Afa sebenarnya sejak umur 2,5 tahun sudah ikutan playgroup di Masjid dekat rumah. Ning dia cepat bosan dan jarang mau datang ke playgroupnya. Baru setelah di masukkan ke playgroup di Jogja, dia nampak antusias.

  3. kapan ki Afa berangkat sekolah dianter Bapaknya? ….

    anakku yo wis mlebu play group. padahal baru 2 tahun. Ngomong aja belum lancar. Yang penting banyak temannya.

  4. Tiga kali masuk sekolah adalah jangka waktu yg termasuk cepat bagi
    seorang anak yg diduga introvert untuk bisa beradaptasi.

    salam,

    -bank al-

  5. wah, selamat ya mas Afa dah masuk PG…sama kayak Ghozan, emang mereka kan “barakan” ya mas…thn ini thn pertama jg buat Ghozan msk PG….
    Afa termasuk anak yg cepat adaptasi ya dalam 3 hari sudah bs bersosialisasi dengan baik sama teman2nya.
    Kalo Ghozan..sekarang udah minggu ke-2 msk sekolah, tp kadang2 msh nangis minta ditungguin sama pengasuhnya meskipun cuma sebentar…sebenarnya minggu kemaren udah pinter sama sekali nggak ditungguin, cuma krn habis weekend 2 hr berturut2 sama ortunya terus jd awal minggu Ghozan kembali agak2 kolokan di sekolah…
    Yah..wajar kali ya namnya juga msh balita….
    bahkan kadang2 Ghozan nggak mau pake seragam waktu berangkat sekolah, pokoknya suka2 dech pake bajunya secara Ghozan dah bisa milih baju sendiri sesuai seleranya..ya aku biarin aja, aku pkr dia mau berangkat sekolah aja udah bagus..dan bener pas nyampe sekolah dia liat temen2nya paake seragam br dech dia mau ganti bj seragam hehe..
    intinya, aku nggak mau maksain anak… biarin aja Ghozan melakukan semua hal sesuai keinginanya..tentunya dengan bimbingan jg agar td mengarah ke hal yg negatif…
    Meskipun kadang2 rewel pas berangkat sekolah…namun Ghozan selalu ceria kalo udh pulang dr sekolah…dia selalu bilang hepi di sekolah…plg hobi maen di sentra bahan alam…krn dia bis maen2 tanah, pasir, air, etc dengan bebas…
    Rgds,
    Tatik

  6. Di Blimbingsari, berarti playgroup-nya Budi Mulia Dua, Mo?
    Aturan belajar di Budi Mulia Dua (Playgroup & TK) memang hanya memberi waktu 3 hari bagi anak untuk ditunggui, supaya mereka belajar mandiri.
    Jadi gurunya juga minta orangtua untuk “berani” melepas anaknya klo dah mulai masuk sekolah..

    Bien

  7. Betul mBak Bibien, Budi Mulia 2.

    Dia masih ditungguin sampai pertemuan kelima kayake, dan baru pada pertemuan ke enam ditungguin di luar ruangan.

    Dari 18 muridnya, yang masuk tahun ini hanya 6 atau 7 anak, sisanya dah ikut play group dari tahun lalu.

    Teman-temannya yang ikut dari tahun lalu dah agak lulut dengan gurunya, sementara Afa masih perlu adaptasi dengan teman dan guru-gurunya.

    Kalau menurut mBak Bibien,

    Kualitas play group dan TK Budi Mulia gimana?

  8. Mengingat2 pengalaman sekitar 8 tahun lalu…
    Ufa (anakku) gak masuk ke playgroup, tapi masuk ke TK Budi Mulia Dua Sawitsari. Seangkatan dia ada 9 (sembilan) kelas, dengan jumlah siswa per kelas 30 anak. Satu kelas dipegang oleh dua guru. Total jumlah siswa (kelas A dan B) mungkin hampir mencapai 500 anak. Meski dengan jumlah anak yang sebegitu banyak, ternyata TK BMD tetap bisa memberi ruang gerak anak2 untuk tumbuh optimal, termasuk memberi tempat belajar untuk anak2 di sekitar lingkungan sekolah (sekitar berapa persen dari kursi yang ada dikhususkan bagi anak2 lingkungan sekitar sekolah dengan biaya yang lebih terjangkau), jadi TK BMD bukan sekolah eksklusif, tapi hampir semua strata belajar bersama.
    Menurutku, kualitas TK BMD bagus, dari sisi pengajar, materi, dan cara penyampaian, termasuk banyak informasi & kegiatan konstruktif untuk anak. Tapi apa pun kegiatannya, kuncinya sebenarnya pada kemampuan memotivasi & dukungan orangtua terhadap anak serta komunikasi dengan guru.

    Klo liat karakter anak yang introvert, memang sebaiknya anak memulai dari playgroup, apalagi jika jarang bertemu dengan banyak orang, akan sangat membantu proses adaptasinya. Tapi klo kemampuan komunikasi & adaptasi gak ada masalah, ya gak perlu masuk ke playgroup.

    Aku malah lebih terpuaskan ketika Ufa menjalani tahun2 pertamanya di SD BMD (kebetulan dia angkatan kedua, meski cuma sampai kelas 4 trus kupindah ke sekolah lain yg lebih dekat rumah), dari pribadi yang introvert, pasif, cenderung menarik diri, sekarang dia berkembang jadi pribadi yang kuat & jadi panutan buat teman2nya di SMP-nya sekarang (hehe… boleh dong ibu banggain anaknya sendiri..)
    Kukira itu gak lepas dari masa krusial entry pertamanya di dunia sekolah yang sebenarnya (klo TK & playgroup kan sakjane baru belajar sekolah)

    Dimanapun anak sekolah, pastikan bahwa orangtua dan guru memiliki visi yang sama dan mampu berkomunikasi secara efektif, karena masing2 tugasnya hanya mengantarkan anak untuk siap menghadapi tantangan dan permasalahan hidup di dunia & akhirat. (“Engkaulah adalah busur dan mereka anak panah yang siap meluncur…” -kurang lebih begitulah kata Kahlil Gibran tentang anak2)

    Semoga membantu,

    Bien

  9. Selamat bermain sambil belajar Mas Afa.. Yang lagi cerita itu Bu Sar ya namanya.. Jangan khawatir Pak dengan kualitas Budi Mulia Dua. Setahu saya, terutama Play Group BMD termasuk Play Group favorit. Tiap murid dipantau terus dan tiap seminggu dua kali diadakan rapat evaluasi mengenai kemajuan masing-masing anak. Guru-gurunya juga sering di upgrade untuk meningkatkan kualitas. Pemeriksaan oleh psikolog dan dokter gigi juga terjadwal. Bukan promosi Pak, saya cuma mantan guru Play Group Budi Mulia Dua, yang terpaksa meninggalkan profesi guru karena pindah ke kota lain karena menikah dan ada amanah lain.

  10. kepada:
    Yth.Para Pembaca yang Budiman
    di tempat

    Assalamu’alaikum, Wr. Wb.
    Perkenalkan kami dari GALERI NUSANTARA (Pusat kerajinan dan kreativitas anak bangsa) di Yogyakarta.
    Bersama ini kami ingin menawarkan produk-produk permainan “Edu Toys” karya anak bangsa yang dapat mencerdaskan anak-anak dalam masa perkembangannya.
    untuk daftar produknya dapat dilihat di http://www.galerinusantara.blogspot.com

    Demikian pemberitahuan kami, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

    Wassalamu’alaikum, Wr. Wb.

    Hormat kami,

    M. Fadlillah, S.Pd.I
    (Owner)

  11. Salam kenal, salam persahabatan..
    Senengnya liat Afa yang begitu semangat. Postingan ini sangat bagus mengingat aku juga lagi pusing dengan masalah anak yang mau masuk usia 2 tahun. Bingung mo cariin PG atau dikasih ke TPA dulu… Ada saran?

  12. hiii salam kenal… saya tertarik niii and masih cari2 playgroup yg bagus. minta info rincian biaya nya ya di budi mulia ini.. thx yaa


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com. | The Pool Theme.
Entries and comments feeds.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: